Teradata Boyong 4D Analytics ke Indonesia

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 11 Jul 2018, 10:13:32 WIB | dibaca : 26 pembacaTeknologi

Teradata Boyong 4D Analytics ke Indonesia

Foto: Dok. Teradata

Jakarta - Era komputasi awan dan Internet of Things (IoT) berkembang begitu pesat. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang tersebut Teradata membawa fitur 4D Analytics ke Indonesia.

Fitur yang masuk ke dalam platform Teradata Analytics ini diklaim memiliki kapabilitas yang mampu menganalisa data tingkat lanjut. Dalam prosesnya 4D Analytics akan menggabungkan data lokasi geospasial tiga dimensi dengan dimensi ke-empat.

Fitur ini dinilai relevan khususnya dalam aplikasi edge computing yang mengelola banyak data terkait lokasi dan waktu yang terus menerus berubah. Sekadar informasi, edge computing sendiri merupakan metode untuk mengoptimalkan komputasi awan dengan membawa pemprosesan ke perangkat yang menjadi sumber data, seperti berbagai perangkat cerdas yang terhubung ke internet (IoT).

Karenanya, 4D Analytics memungkinkan pelanggan Teradata untuk mengoperasikan analisis IoT tingkat lanjut. Sederhananya, teknologi ini akan membantu perusahaan atau pemerintah menganalisa stakeholder.

"Kita berada di ambang ledakan besar aplikasi IoT dan menggunakan kasus-kasus yang didukung oleh analisis canggih," kata Erwin Sukiato, President Director, Teradata Indonesia di Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Erwin pun mencontohkan penggunaam 4D Analytics untuk menganalisa pola kendaraan dan lalu lintas, misalnya pola mobil pribadi, kereta api, taksi dan juga lampu lalu lintas. Data-data ini dapat dipakai untuk membuat kota pintar menjadi semakin cerdas.

Masih berkaitan dengan IoT, Erwin mengatakan bahwa IoT menjanjikam keuntungan yang sangat jelas. Untuk berbagai industri, IoT menjadi investasi yang penting dalam berbinis.

"Selain kota pintar tadi, 4D Analytics jiga bisa dipakai di perusahaan asuransi, misalnya. Dengan 4D Analytics, maka perusahaan asuransi akan bisa menentukan kepantasan calon nasabah mendapat asuransi secara langsung," pungkasnya.

 

Sumber : detik.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)