Ternyata Ada Salju Panas di Tanah Batak

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 16 Okt 2015, 10:50:54 WIB | dibaca : 1302 pembacaWisata

Ternyata Ada Salju Panas di Tanah Batak

Wisata "Salju putih panas" di Kawah Putih Tinggi Raja di Simalungun Sumatera Utara

JakartaSalju identik dengan suhu dingin dan berada di tempat dengan iklim non tropis. Namun bagaimana jika ternyata ada Salju Panas Unik ini yang berada Indonesia? Kenyataannya tempat ini sudah terkenal di Luar Negeri dibandingkan dalam Negeri. Jika anda sedang mencari tempat berwisata keluarga, inilah salah satu tempat yang bisa menjadi destinasi wisata unik dan menarik untuk dikunjungi di Sumatera Utara. Salju panas ini merupakan suatu kawah dengan dominasi warna putih bersih seperti salju yang biasanya juga disebut dengan kawah putih.

Di Jawa mempunyai kawah putih Ciwidey sedangkan di pulau Sumatera mempunyai kawah putih yang tak kalah indahnya yakni kawah putih tinggi raja yang juga disebut dengan salju panas nan eksotis. Salju panas atau kawah putih tinggi raja ini berada di desa Dolok Tinggi Raja, Silau Kahean, Simalungun.

Tempat ini menyerupai danau yang di tengahnya ada mata air panas dengan warna yang sangat cantik yaitu biru kehijauan serta dari dalam mengeluarkan asap yang menanbah kecantikan kawah. Sekitar kawasan ini tertutup oleh hamparan putih seperti abu bekas dari pembakaran. Di sekitar kawah juga terdapat warna putih yang terlihat memagari air panasnya yakni bebatuan kapur yang terlihat seperti es atau salju. Sehingga tak sedikit pengunjung yang terkecoh dengan pemandangan tersebut mereka mengira pemandangan tersebut adalah hamparan salju yang menawan.

Bebatuan kapur berjejer di tepi kawah terkesan sangat artistik dan apabila jika diatasnya dialiri oleh air panas yang juga mengeluarkan asap akan terlihat menawan bagaikan hiasan kolam renang yang mewah. Keunikan lainnya dari kawah putih tinggi raja ini juga mempunyai sungai yang aliran airnya telah tercampur curahan air panas dari kawah. Tetapi campuran tersebut tidak begitu panas sehingga banyak pengunjung yang mandi atau berendam di tempat tersebut yang tempatnya juga tidak jauh dari kawasan kawah putih tersebut.

sumber : liputan6