Toyota Land Cruiser 300 Dirilis, Harga Termurah Rp 668 Jutaan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 05 Agu 2021, 09:18:16 WIB | dibaca : 85 pembacaOtomotif

Toyota Land Cruiser 300 Dirilis, Harga Termurah Rp 668 Jutaan

Toyota Land Cruiser 300 Foto: Dok. Toyota

Tokyo - Toyota Motor Corporation (TMC) meluncurkan Land Cruiser (300) terbaru pada Senin (2/8) lalu. Mobil kekar ini dibanderol di Jepang seharga 5,1 juta Yen atau sekitar Rp 668 jutaan.

Dikutip dari keterangan resminya, Rabu (4/8/2021), Toyota Land Cruiser 300 Series merupakan generasi penerus 200 Series yang meluncur sejak 2007.

Toyota Land Cruiser terbaru tersedia dalam 5 pilihan, yakni GX, AX, VX, GR Sport, dan ZX untuk mesin bensin berkapasitas 3.5 liter. Sementara opsi mesin diesel 3.3 liter tersedia varian GR Sport dan ZX.

Menggunakan platform GA-F, mobil ini telah mengalami diet hingga bobotnya berkurang 200 kg dari bobot keseluruhan kendaraan, termasuk dari rangka dan bodinya.

Sejalan dengan platform tersebut, Land Cruiser baru memiliki fitur double-wishbone front-mount yang baru dikembangkan dan sistem suspensi belakang rigid-axle trailing-link. Posisi peredam kejut belakang telah dioptimalkan disebut meningkatkan kenyamanan berkendara dan stabilitas kemudi.

Untuk mendukung kemampuan off-roadnya, Toyota Land Cruiser 300 dilengkapi 6 mode berkendara, di antaranya Auto, Dirt, Sand, Mud, Deep Snow, dan Rock --sistem ini otomatis bisa mengatur power mobil hingga tingkat kenyamanan suspensi.

Kemampuan offroad telah ditingkatkan melalui improvement artikulasi roda. Toyota Land Cruiser terbaru ini dibekali Electronic Kinetic Dynamic Suspension System atau E-KDSS, pertama di dunia menurut Toyota.

Toyota Land Cruiser 300 Series


Land Cruiser baru tersedia dengan mesin bensin 3.5 liter V6 twin-turbo terbaru. Mesin tersebut menjanjikan output maksimum 305 kW (415 PS) dan torsi maksimal 650 Nm.

Sedangkan opsi mesin diesel V6 twin-turbo 3,3 liter sudah mengalami perubahan di ruang bakar piston, port intake, dan injektor. Di atas kertas, mesin berbahan bakar solar itu menghasilkan tenaga maksimum 227 kW (309 PS) dan torsi maksimal 700 Nm.

Kedua mesin tersebut disalurkan melalui 10-percepatan otomatis atau Toyota menyebutnya Direct Shift-10 AT.

Masuk ke dalam interior ada beberapa fitur yang memanjakan penggunanya, misalnya kursi baris depan dan kedua memiliki sistem pemanas dan ventilasi. Selain itu console box-nya dilengkapi pendingin.

Toyota Land Cruiser 300 Series


Sementara itu head-unit layar sentuh berukuran 12,3 inchi juga terpasang, menampilkan data navigasi, audio, AC, dan performa off-road. Selain itu untuk menghidupkan mesin, Land Cruiser 300 juga sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari. Fitur ini bekerja jika sidik jari cocok dan terdaftar pada kendaraan, mesin akan menyala; jika tidak cocok, mesin tidak hidup.

Oiya bicara keamanan, Toyota Land Cruiser telah mengadopsi paket keselamatan aktif Toyota Safety Sense.

Di antarnya dua fungsi baru telah ditambahkan pada pre-collision system yang membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan dengan mendeteksi pejalan kaki (siang dan malam) dan pengendara sepeda (siang hari). Pertama, fungsi mendeteksi kendaraan yang melaju di persimpangan dan pejalan kaki yang melintas ketika Land Cruiser ini berbelok. Yang kedua adalah fungsi emergency steering dan penghindaran tabrakan.

Selain itu, Land Cruiser baru telah mengadopsi Parking Support Brake, yang membantu mencegah kecelakaan dengan mengenali rintangan di depan dan belakang kendaraan di tempat parkir. Fitur ini juga bisa mengenali kendaraan lain yang mendekat saat Land Cruiser mundur, juga mampu mengenali pejalan kaki.

Tak cuma varian standar, Toyota Land Cruiser juga ada pilihan GR Sport yang lebih sporty. Land Cruiser GR Sport memiliki trim eksterior hitam dan velg yang berbeda.

Berikut ini daftar harga Toyota Land Cruiser yang baru dirilis di Jepang:

Land Cruiser 300 bensin 3.5 liter

  • Toyota Land Cruiser GX 5,1 juta Yen atau sekitar Rp 668 jutaan
  • Toyota Land Cruiser AX 5,5 juta Yen atau sekitar Rp 720 jutaan
  • Toyota Land Cruiser VX 6,3 juta Yen atau sekitar Rp 825 jutaan
  • Toyota Land Cruiser GR Sport 7,7 juta Yen atau sekitar Rp 1 Miliaran
  • Toyota Land Cruiser ZX 7,3 juta Yen atau sekitar Rp 956 jutaan


Land Cruiser 300 diesel 3.3 liter

  • Toyota Land Cruiser GR Sport 8 juta Yen atau sekitar Rp 1,04 miliaran
  • Toyota Land Cruiser ZX 7,6 juta Yen atau Rp 995 jutaan

 

Sumber : detik.com