Usir Jerawat Membandel dengan Ramuan Rumahan

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 03 Sep 2015, 09:26:28 WIB | dibaca : 361 pembacaKesehatan

Usir Jerawat Membandel dengan Ramuan Rumahan

Ilustrasi Wajah berjerawat

Jakarta Jerawat di wajah bisa membuat orang rela mencoba berbagai macam obat untuk mengusirnya. Bisa jadi Anda sudah berganti-ganti merek obat, namun jerawat masih saja tumbuh. Sebenarnya, Anda bisa mencoba ramuan alami yang mudah didapatkan di rumah sebelum mencoba obat-obatan yang dijual di toko.

Judith Emmanuel, seorang CEO Nerolie Nature Skincare & Wellness, kepada situs Najj menjelaskan beberapa pengobatan rumahan ini bisa menyingkirkan jerawat:


1. Cuka apel

Di antara banyak solusi rumahan untuk jerawat, cuka ini dianggap paling efektif. Obat jerawat alami ini bisa menyeimbangkan pH kulit sehingga mencegah bakteri tumbuh. Selain itu bisa mengurangi minyak berlebih.

Untuk menggunakan obat alami ini, Anda perlu mencampur satu bagian cuka dengan 3 bagian air sebelum menerapkannya pada daerah yang terinfeksi.

2. Pepaya mentah

Pepaya dianggap sebagai cara sederhana dan mudah untuk menyingkirkan lemak berlebih dan kulit mati. Papain yang terkandung dalam pepaya bisa mengurangi peradangan. Anda dapat menggunakan pengobatan alami ini untuk jerawat hanya dengan menumbuk pepaya dan menerapkan di wajah Anda.

3. Masker susu dan madu

Susu sudah digunakan sepanjang sejarah untuk mendinginkan kulit dan mengurangi kemerahan dan nyeri di sekitar luka jerawat dan pustula. Tambahkan madu sebagai anti-mikroba ke susu untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri.

Untuk membuat obat jerawat alami, tambahkan 1 sendok makan susu dengan satu sendok makan madu dan menerapkannya sehari-hari. Biarkan campuran tersebut kering sebelum membersihkannya.

4. Masker kayu manis madu

Sifat antimikroba dari kayu manis dan sifat antibiotik madu dianggap sebagai kombinasi yang bagus untuk membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Untuk membuat masker ini, tambahkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan pasta selama sekitar 10 sampai 15 menit, setidaknya dua sampai tiga kali sehari sampai wajah menjadi bersih dan cerah.

5. Putih telur

Ini adalah salah satu solusi rumahan untuk jerawat yang dianggap efektif menghilangkan bekas jerawat. Protein dan vitamin dalam putih telur membantu mengurangi bekas jerawat.

Kocok putih telur sampai berbusa. Biarkan selama beberapa menit dan oleskan pada wajah Anda. Cuci dengan air hangat setelah masker kering.

6. Pasta kulit jeruk

Jeruk tidak hanya menyegarkan, tapi juga pembangkit tenaga listrik vitamin C dan asam sitrat. Sifat zatnya membantu membuka pori-pori dan pertumbuhan sel-sel baru yang sehat. Pasta dapat dibuat dengan menggiling kulit jeruk dan mencampurnya dengan air.

7. Tea tree oil

Sifat antibakteri dari tea tree oil bisa mengurangi bakteri yang menyebabkan jerawat. Hal ini juga membantu membuka pori-pori sehingga mencegah jerawat menjadi semakin menyebar di kemudian hari.

sumber : liputan6

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)