Waspada Perut yang Makin Buncit Bisa Berhubungan dengan Penyusutan Otak

Di Kutip Oleh : PUBinfo Redaksi 11 Jan 2019, 08:35:59 WIB | dibaca : 1015 pembacaKesehatan

Waspada Perut yang Makin Buncit Bisa Berhubungan dengan Penyusutan Otak

Lemak di perut ternyata bisa berhubungan dengan volume otak. (Foto: ilustrasi/thinkstock)

Jakarta - Perut yang buncit karena penumpukan lemak (visceral fat) sudah lama dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular. Namun selain itu studi terbaru melihat tampaknya lemak perut ini juga bisa berkaitan dengan penyusutan otak.

Dalam studi yang dipublikasi dalam jurnal Neurology peneliti melihat orang obesitas rata-rata memiliki volume otak lebih sedikit dibandingkan mereka yang memiliki berat badan sehat. Spesifiknya peneliti melihat hubungan volume materi abu-abu otak dengan dengan volume lemak perut.

Studi sudah mempertimbangkan faktor lain yang juga mungkin bisa memengaruhi volume otak seperti usia, aktivitas fisik, merokok, hingga tekanan darah.

Data dari 9.652 orang menunjukkan orang-orang yang memiliki indeks massa tubuh tinggi, sebagai indikator obesitas, rata-rata memiliki materi abu-abu otak 786 kubik sentimeter. Sementara itu orang yang BMI-nya normal rata-rata memiliki materi abu-abu otak 798 kubik sentimeter.

Pemimpin studi Mark Hamer dari Loughborough University menyebut materi abu-abu ini berhubungan dengan kemampuan kognitif otak. Volume materi abu-abu yang lebih sedikit bisa berhubungan dengan peningkatan risiko berkurangnya kemampuan memori atau pikun (demensia).

"Sudah ada studi yang menghubungankan penyusutan otak dengan berkurangnya kemampuan memori dan peningkatan risiko demensia, tapi apakah lemak tubuh ekstra bersifat melindungi atau merusak otak belum pernah dibuktikan," kata Mark dalam pernyataan yang dikutip dari EurekAlert, Kamis (10/1/2019).

"Studi kami melihat kelompok besar dan menemukan obesitas, terutama pada perut, bisa berhubungan dengan penyusutan otak," lanjutnya.

Peneliti mengatakan perlu studi lebih lanjut untuk mengkonfirmasi hubungan sebab akibat antara lemak perut dengan penyusutan otak. Apakah perut buncit yang menyebabkan otak menyusut, atau justru karena ada penyusutan otak perut jadi buncit.

Apapun jawabannya seseorang tentu lebih baik untuk berhati-hati menjaga kesehatannya dengan menghindari obesitas lewat diet dan olahraga seimbang.

 

Sumber : detik.com