28 BUMN Berangkatkan 118.220 Pemudik ke Kampung Halaman

By PUBinfo Redaksi 19 Jun 2017, 15:13:10 WIB | dibaca : 229 pembaca

28 BUMN Berangkatkan 118.220 Pemudik ke Kampung Halaman

Menteri BUMN Rini Soemarno (kedua kanan) didampingi Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik (ketiga kanan) berbincang dengan sejumlah peserta mudik bareng Pertamina sebelum diberangkatkan ke kota tujuan

SINERGI 28 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tahun ini mampu mengirim 118.220 pemudik ke kampung halaman masing-masing. Angka itu naik 28% dari 2016 sebanyak 92.014 pemudik.

Menteri BUMN Rini Soemarno menargetkan pada mudik tahun depan para masing-masing BUMN mampu menambah kapasitas angkutan umum sehingga bisa mengangkut 250 ribu pemudik.

"Target tahun depan 250 ribu pemudik. Ke depan kalau bisa lebih banyak BUMN yang menyelenggarakan mudik gratis sehingga bisa membantu masyarakat," ujar Rini usai melepas rombongan bus pemudik di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (18/6).

Tema mudik gratis yang diselenggarakan kali ini mengambil tema Mudik Bareng Guyub Rukun dengan 84 kabupaten/kota tujuan. Tidak hanya bus, juga terdapat 11 rangkaian kereta api, 17 kapal laut, dan 24 pesawat yang mengangkut TKI dari Hong Kong.

Untuk mencapai target tersebut, Rini menyebut pendaftaran mudik secara online yang sudah dimulai tahun ini bisa diumumkan lebih awal, sehingga pemudik bisa memesan lebih awal. Untuk moda transportasi, selain akan menambah jumlah bus tahun depan, secara khusus juga akan melakukan penambahan rangkaian kereta api. Sebab peminat mudik gratis memakai kereta api sangat tinggi.

"Untuk kereta api keinginan sangat besar tapi gerbong tidak cukup, kelihatannya kita harus tambah trainset (rangkaian kereta)," ucapnya.

Rini menyebut keikutsertaan 28 BUMN pada mudik gratis tahun ini membuat sinergi antar BUMN semakin terasa. Ia meminta agar sinegitas itu semakin ditingkatkan setiap tahunnya agar kehadiran BUMN benar-benar terasa di masyarakat.

"Tahun ini terasa betul sinergi BUMN, terealiasi bahwa BUMN hadir untuk negeri. BUMN milik negara berarti dimiliki seluruh rakyat Indonesia," tukasnya.

"Kita tekankan ke para direksi BUMN merupakan perusahaan milik negara dan bangsa Indonesia sehingga harus selalu memikirkan rakyat yang masih mmbutuhkan," imbuh Rini yang menyebut dana mudik gratis berasal dari dana CSR masing-masing BUMN.

Di tempat yang sama, Koordinator Mudik Gratis Guyub Rukun Budi Setyarso menyatakan untuk mencapai target 250 ribu pemudik, ke depan jumlah bis akan ditambah hingga 2.500 bus dari saat ini sebanyak 1.920 bus.

"Pendaftaran akan menggunakan online dengan demikian tidak berebut, siapa yang lebih dahulu siapa yang dapat. Sisa yang tidak kebagian tahun ini akan kita berikan prioritas tahun depan," tukas Budi yang juga Dirut Jasa Raharja itu.

Budi menambahkan mayoritas pemudik sebelumnya adalah pengguna sepeda motor. Sehingga dengan adanya program mudik gratis tersebut, bisa mengurangi resiko kecelakaan selama arus mudik lebaran tahun ini.

"(Mudik gratis ini) 80% mengalihkan pemudik yang menggunakan sepeda motor ke bus sehingga potensi kecelakaan berkurang," ucapnya.

Sementara itu, PT Semen Indonesia (persero) Tbk sebagai salah satu dari 28 BUMN yang ikut serta dalam program Mudik Gratis menyiapkan 4 bis dalam mudik tahun ini.

Direktur Keuangan Semen Indonesia Darmawan Junaidi menyebut 4 bus itu terdiri dari 2 bus jurusan Solo, 1 bus jurusan Madiun, dan 1 bus jurusan Lamongan.

"Rata-rata 45-48 penumpang setiap bus," ucapnya.

Semen indonesia, kata Darmawan, sangat antusias dan mendukung program mudik gratis tersebut. Adapun para pemudik Semen Indonesia terdiri atas pekerja konstruksi, pekerja toko bangunan, dan pabrik.

"Ini memang sangat kita dukung program ini supaya mereka tidak memusingkan bagaimana caranya mudik, kalau kehabisan tiket pakai motor kan sangat beresiko," ucapnya.

Program mudik gratis itu juga memecahkan rekor jumlah pemudik yang diciptakan tahun lalu.

Pada kesempatan itu, rekor MURI dalam hal julah pemudik turut dipecahkan oleh sinergi BUMN. Pendiri MURI Jaya Suprana menyebut program mudik gratis dengan lebih dari 100 ribu pemudik merupakan rekor baru.

"Bu Rini anda telah membuktikan di bawah kepemimpinan anda para BUMN bukan sekedar BUMN tapi juga badan usaha milik rakyat," kata Jaya. (OL-6)

 

Sumber: mediaindonesia

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, RSS Feed dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir