Bawaslu Ajak Warga Awasi Kecurangan dengan Ikut Gerakan #AyoJagaTPS

By PUBinfo Redaksi 15 Apr 2019, 11:01:44 WIB | dibaca : 19 pembaca

Bawaslu Ajak Warga Awasi Kecurangan dengan Ikut Gerakan #AyoJagaTPS

Foto: Ilustrasi

Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengajak masyarakat aktif berpartisipasi menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sebab, tanpa dukungan masyarakat, pihaknya tidak dapat maksimal menjaga potensi kecurangan terjadi.

"Karena itu gerakan #AyoJagaTPS sangat bagus, ini salah satu kegiatan anak muda itu ikut partisipasi untuk mengawal Pemilu,” kata Asisten Bidang Hukum Bawaslu Bachtiar Baital, lewat siaran pers diterima, Senin (15/4/2019).

Aksi #AyoJagaTPS adalah sebuah gerakan yang didukung lewat penggunaan aplikasi yang dapat diunduh oleh semua pengguna ponsel android. Bachtiar berharap, dengan gerakan tersebut, seluruh masyarakat dapat bersama mamntau jalannya Pemilu di TPS dengan lebih baik.

"Bawaslu membutuhkan kolaborasi dan elemen-elemen yang kritis. Seperti teman-teman gerakan Ayo Jaga TPS itu yang menjadi poin kita," tutur dia.

James Falahudin, inisiator #AyoJagaTPS, mengatakan, konsen Pemilu 2019 terletak pada  validasi data. Karenanya, lewat gerakan #AyoJagaTPS, dia ingin mendorong partisipasi aktif masyarakat mengawal Pemilu yang adil dan bersih.

"Kami menyebut diri kami ini masyarakat cinta pemilu damai. Kami banyak kemampuan di IT, kami kontribusikan andil kami di situ," kata James dalam kesempatan yang sama.

Menurut dia, ada dua hal yang menjadi dasar gerakan #AyoJagaTPS, pertama karena Pemilu adalah milik semua rakyat Indonesia. Kedua, James ingin, partisipasi aktif dapat meredam kecurangan yang umumnya terjadi di TPS.

"Kita ingin bisa melibatkan sebanyak mungkin orang, agar Pemilu ini bebas kecurangan," tegas dia.

Gerakan #AyoJagaTPS  bisa dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi bernama #AyoJagaTPS melalui Play Store; secara gratis melalui pranala  https://play.google.com/store/ apps/details?id=com.jagatps. app.

Prosesnya, pengunduh hanya perlu meregistrasi data diri menggunakan NIK, dan mengisi data diri. Maka secara otomatis, pengunduh bisa diketahui dimana wilayah domisii yang sesuai dengan TPS.

Partisipasinya, pengunduh hanya perlu memoto C1 Plano hasil rekap di TPS nya masing-masing. Hal ini dilakukan guna mendukung Pemilu yang aman dan transparan jauh dari kecurangan.

 

Sumber : liputan6.com