BKN Sebut Pendaftaran CPNS 2019 Belum Dibuka

By PUBinfo Redaksi 24 Jan 2019, 10:40:21 WIB | dibaca : 26 pembaca

BKN Sebut Pendaftaran CPNS 2019 Belum Dibuka

CPNS 2019 belum resmi dibuka. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan belum memastikan tanggal resmi pembukaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Kasubag Hubungan Media dan Antar Lembaga Biro Humas BKN Diah Eka Palupi mengatakan pembahasan terkait CPNS 2019 baru sampai tahap jumlah formasi.

"Belum sampai teknis pembahasan kapannya [pembukaan CPNS 2019], masih sampai tahap pembahasan alokasi perkiraan formasi yang akan dibuka dulu," ujar Diah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (23/1).

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin mengatakan pemerintah akan membuka kembali pendaftaran CPNS pada bulan Maret 2019.

Hal itu disampaikan Syarifuddin seusai Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR RI kemarin (22/1), membahas evaluasi hasil tes CPNS 2018 yang telah diselenggarakan.

Terkait hal itu, Diah menegaskan kembali bahwa BKN sendiri belum sampai ke tahap pembahasan terkait tanggal pasti pembukaan CPNS. 

Namun, kata dia, tidak menutup kemungkinan pihak Kemenpan RB sudah ada pembahasan terlebih dahulu untuk membuka pendaftaran pada bulan Maret 2019. 

"Bisa jadi Kemenpan RB sudah ada rapat pembahasan internal tersendiri soal itu karena kebijakan muncul dari sana," tuturnya.

Pemerintah akan kembali membuka pendaftaran CPNS tahun ini. Instansi yang ikut berpartisipasi pun masih sama namun untuk jumlah peserta yang diterima tidak sebanyak tahun lalu.

Sebelumnya pada penerimaan ASN tahun 2018, total peserta yang diterima sejumlah 238.000 orang tetapi untuk tahun ini pemerintah hanya menerima 100.000 orang.

 

Sumber : cnnindonesia.com