Ini 4 Tips dari Menag untuk Bedakan Buku Nikah Asli atau Palsu

By PUBinfo Redaksi 05 Jun 2015, 11:18:49 WIB | dibaca : 6965 pembaca

Ini 4 Tips dari Menag untuk Bedakan Buku Nikah Asli atau Palsu

Cara membedakan buku nikah asli dan palsu

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin ikut berkomentar terkait beredarnya buku nikah palsu di masyarakat. Menurutnya, buku nikah asli yang dikeluarkan Kementerian Agama pada dasarnya sangat sulit dipalsukan.

Ia mencatat setidaknya ada empat ciri yang bisa membedakan mana buku nikah asli dan mana yang palsu. Pertama adanya tanda stempel berbentuk burung garuda di sisi kiri tanda-tangan menteri agama.

"Stamp di mana tidak semua orang bisa mendapatkannya," ujar Menag di kantornya, Jl Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Kamis (4/6/2015).

Ciri kedua yaitu adanya lembar kuning yang kalau diterawang akan ada tulisan Kementerian Agama. Lembaran ini juga dipastikan Lukman tak mudah untuk mendapatkannya.

"Ketiga ada nomor registrasi yang bisa diraba. Itu nomor ada kodenya tertentu. Nomor seri tersebut ada maknanya sendiri," tutur menteri dari PPP itu.

"Keempat, di setiap lembaran buku nikah, jika terkena sinar maka akan terlihat gambar burung garuda, lambang negara," sambungnya.

Menurut Lukman, buku nikah yang saat ini beredar masih ditanda-tangani oleh Menteri Agama sebelumnya yaitu Suryadharma Ali. Baru pada periode Agustus atau September mendatang akan dicetak edisi baru.

"Yang saat ini beredar dicetak 25 April 2014, jadi stock lama, kita menghabiskannya dulu supaya efisien," jelas Lukman.