KKP Bidik Serapan Anggaran 92% Sampai Akhir Tahun

By PUBinfo Redaksi 15 Sep 2020, 14:15:00 WIB | dibaca : 68 pembaca

KKP Bidik Serapan Anggaran 92% Sampai Akhir Tahun

Foto: Angga Aliya ZRF/detikFinance

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mencatat penyerapan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) 2020 baru mencapai 54,44%. Realisasi itu berasal dari pagu anggaran Rp 5,08 triliun.

"Tentang penyerapan APBN 2020 per 11 September baru mencapai 54,44%," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) KKP Antam Novambar dalam rapat kerja di Komisi IV DPR RI, Jakarta, Selasa (15/9/2020).

Di sisa bulan ini, Antam mengakui bahwa anggaran KKP sampai akhir tahun 2020 tidak akan terserap 100%, kemungkinan hanya bisa mencapai sekitar 92%.

"Apakah mampu KKP untuk menyerap di akhir tahun ini? Kami sudah beberapa kali mengumpulkan para dirjen, para karo untuk pertanggungjawaban tentang penyerapan ini. Di sisa bulan ini karena banyak kegiatan yang masih berjalan mereka menyanggupi tapi di angka 92%, kemungkinan tidak bisa 100% untuk penyerapan anggaran," ucapnya.

"Saya sampaikan di depan dewan sebagai pertanggungjawaban. Selain kepada saya nanti di KKP juga (sampaikan) kepada dewan di Komisi IV tentang janji, tentang target sampai 92% penyerapan anggarannya," tambahnya.

Sebelumnya, beberapa Anggota Komisi IV DPR RI menyoroti terkait serapan anggaran KKP yang masih minim. Salah satunya dari Fraksi PPP, Emma Umiyatul Chusnah meminta agar KKP segera merealisasikan anggarannya terutama untuk program-program yang menyangkut kepentingan nelayan.

"Kami berharap untuk di kuartal III ini segera direalisasikan terutama program-program yang jadi aspirasi dari anggota Komisi IV, dari Dirjen Perikanan Budidaya ini belum maksimal. Jadi mohon diperhatikan karena ini sudah kuartal III apakah bisa terserap sampai 100%? Jadi mohon untuk diperhatikan," pintanya.

 

Sumber : detik.com