Mantap Fransiska dan Mathilda, Mahasiswi Pendaki Aconcagua yang Dipuji Jokowi

By PUBinfo Redaksi 04 Feb 2016, 08:17:42 WIB | dibaca : 200 pembaca

Mantap Fransiska dan Mathilda, Mahasiswi Pendaki Aconcagua yang Dipuji Jokowi

Foto: Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar/FB

Presiden Joko Widodo memberikan pujian khusus bagi Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari dari Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung. Keduanya berhasil mencapai puncak tertinggi di Benua Amerika, yakni pegunungan Aconcagua.

"Membanggakan! Fransiska Dimitri Inkiriwang & Mathilda Dwi Lestari dari Unpar bisa menaklukkan Aconcagua, puncak tertinggi benua Amerika -Jkw," demikian tulis Jokowi di akun twitternya, Rabu (3/12/2016).

Perjalanan mereka di Benua Amerika dimulai sejak Selasa (12/1) lalu. Tim yang terdiri dari tiga orang tersebut, ditambah dengan Dian Indah Carolina (20) tiba di Bandara Buenos Aires, Argentina, lalu melanjutkan perjalanan ke kota Mendoza, tempat gunung Aconcagua berada.

Setelah melalui perjalanan yang melelahkan dan berbahaya, mereka akhirnya tiba di puncak Aconcagua pada sekitar pukul 17.45 waktu setempat atau pukul 03.45 WIB, pada Minggu (31/1) lalu. Tim menempuh perjalanan 12 jam dari pos pemberhentian sebelumnya.

 
Foto: Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar/Facebook


Lewat siaran pers yang dilansir panitia, disebutkan bahwa Dian Indah Carolina sempat tertinggal saat mencoba naik, akhirnya diputuskan turun karena alasan kesehatan. Meski begitu, perjuangannya tetap diapresiasi.

"Sekali lagi terima kasih atas dukungan dan doanya. Tetap dukung dan doakan terus agar mereka dapat pulang dengan selamat tanpa kurang satu apapun," demikian informasi di facebook Mahitala.

Perjalanan ke Aconcagua adalah bagian dari misi Women of Indonesia's Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (Wissemu). Mereka sejauh ini sudah mendaki beberapa gunung hingga nanti lengkap 7 puncak dunia. Tim sudah berhasil mengibarkan bendera merah putih di Gunung Carstenz Pyramid, Papua, Indonesia pada Agustus 2014 dan Gunung Elbrus, Rusia serta Gunung Kilimanjaro, Tanzania pada Mei 2015 lalu.

Ketujuh puncak yang merupakan seven summits meliputi Carstensz Pyramid (4.884 mdpl) di Indonesia (Oseania), Kilimanjaro (5.895 mdpl) di Tanzania (Afrika), Elbrus (5.642 mdpl) di Rusia (Eropa), Aconcagua, 6.962 mdpl di Argentina (Amerika Selatan), McKinley/Denali (6.194 mdpl) di Alaska (Amerika Utara), Vinson (4.897 mdpl) di Ellsworth Range (Antartika), serta Everest (8.850 mdpl) di Nepal (Asia).

Menurut data statistik yang dilansir dari www.7summits.com, hingga saat ini tercatat 348 orang di dunia telah berhasil mencapai seven summits, 33 orang di antaranya adalah wanita. Tetapi Indonesia belum menyumbangkan satupun nama wanitanya ke dalam jajaran The Seven Summiteers. 

 

Sumber: detik