Menhub: Proyek LRT Jabodebek Selesai 40% hingga Akhir Tahun

By PUBinfo Redaksi 15 Feb 2017, 14:29:52 WIB | dibaca : 467 pembaca

Menhub: Proyek LRT Jabodebek Selesai 40% hingga Akhir Tahun

Ilustrasi google

Jakarta - PT Adhi Karya Tbk telah menargetkan progres pengerjaan Light Rail Transi (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) tahap I mencapai 40% di, akhir tahun ini.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, juga mengatakan target 40% di akhir tahun itu bisa tercapai.

"Iya tercapai 40% di akhir tahun," kata Budi, ditemui detikFinance saat pencoblosan Pilkada di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Rabu (15/2/2017).

Ia mengatakan, kontrak kerja telah ditandatangi Kementerian Perhubungan bersama Adhi Karya. Sementara pemerintah tengah mengkaji empat opsi pembiayaan yang akan digunakan pada proyek kereta ringan tersebut.

"Skema pembiayaan kita sesuai dengan rapat koordinasi dengan Pak Menteri Maritim (Luhut Binsar Pandjaitan), dengan Menteri Keuangan (Sri Mulyani) dan Menteri BUMN (Rini Soemarno). Itu ditentukan ada empat kemungkinan pembiayaan," kata dia.

Sebagai informasi, Adhi Karya menerima penugasan pengembangan transportasi massal berbasis kereta ringan (Light Rail Transit/LRT) Jabodebek. Proyek milik Kementerian Perhubungan ini sudah dimulai pembangunannya sejak 9 September 2015.

Dalam pembangunan tahap pertama, akan ada tiga rute yang terhubung, yakni Cibubur-Cawang sepanjang 14,5 km, yang saat ini telah mencapai progres 17%, Bekasi Timur-Cawang sepanjang 17,1 km yang saat ini mencapai progres 12%, dan Cawang-Dukuh Atas sepanjang 10,5 km dengan progres saat ini sekitar 2%. (wdl/wdl)

 

Sumber: detik