Menko PMK: Dari 104 Sampel Diperiksa, 102 Negatif Virus Corona

By PUBinfo Redaksi 17 Feb 2020, 14:24:43 WIB | dibaca : 69 pembaca

Menko PMK: Dari 104 Sampel Diperiksa, 102 Negatif Virus Corona

Menko PMK Muhadjir Effendy (Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy memaparkan ada 104 sampel yang sudah diperiksa terkait virus Corona COVID-19. Sebanyak 102 dinyatakan negatif dan 2 lainnya masih dalam proses di laboratorium.

"Sampai saat ini laporan Pak Dirjen Kemenkes, sudah ada 104 spesimen atau 104 sampel seluruh Indonesia dan sudah diperiksa di laboratorium pusat penelitian penyakit infeksi Kemenkes. (Hasilnya) 102 negatif dan 2 masih proses. Kita selalu dapat kiriman spesimen di Indonesia dan mudah-mudahan sampai terus nol tidak ada yang terjangkit virus Corona," kata Muhadjir seusai rapat evaluasi tindak lanjut penanganan COVID-19 di Gedung Bina Graha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Muhadjir meyakini Indonesia tetap nihil kasus Corona. Berbagai upaya sudah dilakukan pemerintah.

"Yang dilakukan memperketat pintu-pintu masuk dan menelusuri riwayat perjalanan yang akan masuk ke Indonesia, terutama sesuai dengan standar Kemlu, misalnya mereka orang yang 14 hari terakhir tidak pernah berada di pusat sumber wabah, yaitu di mainland (China daratan). Jadi itu akan kita perhatikan betul," ujar Muhadjir.

Muhadjir mengimbau masyarakat tetap memonitor perkembangan terakhir soal ada-tidaknya kasus Corona di Indonesia. Masyarakat diminta tidak panik begitu saja jika mendapat informasi yang belum jelas.

"Jangan panik dan chaos seperti ramai-ramai memborong masker. Padahal anjuran Pak Menkes yang bermasker adalah yang sakit dan memiliki risiko sakit," kata Muhadjir.

 

Sumber ; detik.com