Mulai 1 Juli Transaksi Kartu Kredit Wajib Pakai PIN 6 Digit

By PUBinfo Redaksi 30 Jun 2020, 11:13:01 WIB | dibaca : 108 pembaca

Mulai 1 Juli Transaksi Kartu Kredit Wajib Pakai PIN 6 Digit

Foto: Ilustrasi

Jakarta - Bagi kamu yang suka belanja menggunakan kartu kredit, jangan lupa mulai 1 Juli 2020 semua transaksi kartu kredit harus menggunakan PIN online 6 digit. Ini sebagai pengganti tanda tangan.

Hal ini merupakan keputusan Bank Indonesia dalam aturan Perubahan Atas Surat Edaran BI No 11/10/DSAP tentang penyelenggaraaan kegiatan pembayaran dengan menggunakan kartu.

Dalam penjelasannya, BI menyebut penggunaan PIN online 6 digit berlaku bagi kartu kredit baru dan kartu kredit yang sudah ada di tangan konsumen. Bagi kamu yang belum memiliki PIN kartu kredit disarankan untuk menghubungi call center bank penerbit kartu agar diproses secepatnya.

"Pengguna kartu kredit tidak boleh lagi menggunakan tandatangan sebagai sarana verifikasi dan autentikasi transaksi, kecuali untuk transaksi dengan kartu kredit dari Penerbit luar negeri atau transaksi di negara lain yang masih menerapkan verifikasi dan autentikasi dengan tandatangan," ujar BI dalam penjelasannya seperti dikutip Selasa (30/6/2020).

"Penggunaan PIN lebih aman dari tandatangan mengingat PIN adalah angka rahasia yang hanya diketahui pemiliknya. Pengguna kartu tidak boleh memberitahu PIN-nyakepada pihak lain. Selain itu, transaksi menggunakan PIN telah terenkripsi dan transaksi dilakukan secara real time."

Informasi saja, BI juga membatasi kepemilikan kartu Kredit di Indonesia berdasarkan pendapatan. Mereka yang berpendapatan di bawah Rp 3 juta tidak diizinkan memiliki kartu kredit. Mereka yang memiliki pendapatan Rp 3 juta hingga Rp 10 juta hanya dibolehkan memiliki kartu kredit dari dua penerbit dengan plafon kredit maksimal 3 kali pendapatan per bulan.

Bagi mereka yang berpenghasilan di atas Rp 10 juta tidak dibatasi kepemilikan kartu kreditnya namun bank harus mempertimbangkan analisis risiko masing-masing.

 

Sumber : cnbcindonesia.com