Nelayan Cilacap diimbau tidak melaut

By PUBinfo Redaksi 22 Jan 2018, 13:50:06 WIB | dibaca : 193 pembaca

Nelayan Cilacap diimbau tidak melaut

Ilustrasi gelombang tinggi (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Cilacap (ANTARA News) - Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap mengimbau nelayan di kabupaten itu untuk sementara tidak melaut karena cuaca buruk masih berpotensi terjadi di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kemarin ada beberapa kapal yang berukuran lebih kurang di bawah 30 GT (Gross Tonage) mencoba keluar, namun tidak mampu menghadapi terjangan gelombang tinggi sehingga kembali lagi. Kemudian saya sampaikan, sementara jangan berangkat dulu demi keselamatan kita semua," kata Ketua HNSI Cilacap Sarjono di Cilacap, Jateng, Senin.

Ia mengimbau nelayan agar tidak melawan alam karena kondisinya saat sekarang luar biasa dan bukan hanya sedang tidak bersahabat.

Menurut dia, hal itu disebabkan wilayah perairan selatan Jateng dan DIY saat sekarang sedang dipengaruhi musim angin baratan yang berdampak pada peningkatan tinggi gelombang.

"Saat musim angin baratan, angin kencang yang disertai hujan lebat sering kali datangnya tiba-tiba," katanya.

Kendati demikian, dia mengakui jika ada beberapa nelayan yang nekat melaut secara "jolokan" atau pergi pada dini hari ketika belum ada angin kencang dan pulang menjelang siang hari.

Selain itu, lanjut dia, nelayan-nelayan tersebut tidak berani melaut terlalu jauh karena khawatir keburu angin kencang dan gelombang tinggi.

"Mereka biasanya melaut di sekitar perairan Pulau Nusakambangan atau paling jauh ke sekitaran Srandil, tidak berani ke arah Gombong," jelasnya.

Sarjono mengatakan dampak cuaca buruk juga dirasakan oleh nelayan yang menggunakan kapal-kapal besar di atas 30 GT terutama yang belum berangkat mencari ikan di laut lepas.

Menurut dia, kapal-kapal besar yang sudah terlanjur berada laut lepas masih bisa menghindar gelombang tinggi dengan mencari daerah tangkapan yang aman.

"Misalnya, jika terjadi cuaca buruk atau gelombang tinggi di sekitar lintang 12 derajat, mereka akan bergeser ke lintang 13 derajat," katanya. 

 

Sumber: antaranews.com

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, RSS Feed dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • beekmomJat

    pharmacy tech [url=http://canadianpharmaciesnnm.com/]global pharmacy canada[/url] ...

    View Berita Pub
  • TAKmombarrona

    cell phone spy software <a href="https://spyphoneapps.us.com/">spy ...

    View Berita Pub
  • Williampiz

    canadian pharmacy viagra [url=http://canadianpharmacymsn.com/]canadianpharmacy[ /url] ...

    View Berita Pub
  • RegechJat

    compare prescription prices [url=http://canadianpharmaciescubarx.com/]canadian online ...

    View Berita Pub