Pemerintah Segera Bangun Bandara di Gunungkidul

By PUBinfo Redaksi 12 Agu 2017, 14:23:30 WIB | dibaca : 436 pembaca

Pemerintah Segera Bangun Bandara di Gunungkidul

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul Sabtu (12/8/2017)

YOGYAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa pemerintah akan segera membangun bandara perintis di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, sehingga bisa memudahkan akses wisatawan yang menjadi unggulan.

"Jadi sekarang bandara (lapangan terbang Gading, Kecamatan Playen) masih dikelola oleh Angkatan Udara, kita akan sowan (berkunjung) ke KSAU (kepala staf TNI Angkatan Udara)," kata Budi ditemui di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Sabtu (12/8/2017).

Dia mengatakan, jika KSAU setuju, maka pemerintah segera membangun infrastruktur pendukung.

"Apabila KSAU setuju pembangunan akan dilakukan mulai 2018 paling lambat 2019 selesai," imbuh dia.

Budi menilai, pembangunan bandara perintis ini nantinya akan digunakan untuk mendukung pariwisata. Dengan panjang landasan minimal 1.600 meter, maka bisa digunakan untuk pesawat ATR dan jet pribadi.

"Ini menjadi strategis karena Gunungkidul merencanakan pariwisata industri unggulan, konektivitas udara ini sangat penting, jadi jet pribadi bisa datang ke sini, dan (pesawat) ATR dari berbagai daerah," ucapnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi menyambut baik wacana tersebut. Pemerintah daerah pun siap mendukung kebijakan tersebut.

"Bandara Gading bisa digunakan tidak terlalu masal, tadi Pak Menteri (Budi Karya) mengatakan termasuk (penerbangan) dari Australia ini akan memberikan efek luar biasa dari wisman, dampaknya sudah kita perhitungkan," katanya.

Harapannya, jika wisatawan mancanegara mudah mengakses, maka bisa semakin meningkatkan kunjungan ke destinasi wisata, mulai pantai hingga goa.

Politisi PAN ini mengatakan, selain pemda, masyarakat juga harus mempersiapkan jika bandara itu terwujud. Salah satunya transportasi dari bandara menuju obyek wisata.

"Ini peluang bagi masyarakat, dan sampai saat ini belum ditangkap pegiat pariwisata. Saya berharap hal ini bisa dikerjakan, akan membawa dampak perekonomian bagi masyarakat," ujarnya.

Perlu diketahui, wacana mengubah lapangan terbang Gading sudah disampaikan menteri perhubungan akhir 2016 lalu. Namun akhir-akhir ini pemerintah Kabupaten Gunungkidul sempat menyerah dan lebih memilih memaksimalkan Jalur Jalan lintas Selatan (JJLS).

"Kami berterima kasih dan berharap (bandara) segera terwujud, meski sempat ada wacana tidak jadi. Kalau Pak Menteri seperti itu ya kita teruskan," pungkas Immawan.

Jika bandara Gading terwujud, maka pemerintah Provinsi DIY akan memiliki 3 bandara, yakni NYIA di Kulon Progo, Adi Sutjipto di Sleman, dan Bandara Gading di Gunungkidul.

 

Sumber: kompas

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, RSS Feed dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • Cream Pemutih Wajah Dan Penghilang Flek Hitam Terbaik

    http://bit.ly/2kD8gb2 http://bit.ly/2sMKfmx http://b ...

    View Berita Pub
  • penghilang plek ampuh

    kalau sekiranya para ahli kurang boleh pakai tka ...

    View Berita Pub
  • nonton streaming online

    apabila tenaga kerja asing memenuhi kualifikasi dan sesuai kebutuhan perusahaan. ...

    View Berita Pub
  • Custom Essay Services

    I truly esteemed the best quality information you present to your guests, will be ...

    View Berita Pub