Penjualan Listrik PLN Naik 2,4% di Tengah Kelesuan Industri

By PUBinfo Redaksi 19 Jun 2017, 15:24:22 WIB | dibaca : 289 pembaca

Penjualan Listrik PLN Naik 2,4% di Tengah Kelesuan Industri

PLN menyebut pertumbuhan penjualan listrik semester 1/2017 hanya sebesar 2,4% year on year (yoy) atau melambat dibandingkan periode sama tahun lalu. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - PT PLN (Persero) menyebut pertumbuhan penjualan listrik pada semester 1/2017 hanya sebesar 2,4% year on year (yoy). Angka ini melambat dibanding pertumbuhan penjualan listrik pada periode sama tahun lalu yang sebesar 6,36%.

Direktur Perencanaan PLN Nicke Widyawati mengungkapkan, menurunnya angka penjualan listrik PLN disebabkan karena industri yang masih lesu. Padahal, industri menjadi salah satu penyumbang terbesar untuk penjualan listrik perseroan.

"Pertumbuhannya nggak terlalu bagus hanya 2,4%. Industri masih belum tumbuh. Rumah tangga juga. Kita sambungan banyak, tapi konsumsi turun," katanya di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Selain itu, penurunan juga dipengaruhi oleh periode Ramadan dan Lebaran dimana banyak industri yang tidak melakukan aktifitasnya. Sehingga, secara total penjualan listriknya pun menurun.

"Ya turun memang Ramadan dan hari raya turun konsumsi listrik industri. Dan itu kan porsinya paling besar. Sehingga secara total penjualan gitu," paparnya.

Sebagai informasi, menurut Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2017 hingga 2026, rata-rata pertumbuhan penjualan listrik selama 10 tahun ke depan adalah 8,3%. Pertumbuhan tertinggi disumbang dari golongan bisnis sebesar 9,5%.

Sementara pertumbuhan terendah akan disumbang dari sektor publik dan rumah tangga sebesar 8,6%. Hingga akhir 2016, penjualan listrik PLN tercatat 216 TWh atau meningkat 6,5% jika dibanding penjualan tahun sebelumnya 202,8 terrawatt hour (TwH).

 

Sumber: sindonews

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, RSS Feed dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • krim penghilang flek hitam ampuh aman

    mungkin ada pihak as yang kurang suka kpd gatot atas pembocoran pembelian senjata ...

    View Berita Pub
  • EssayCorp

    The incipient organism place that is known for the BMW Stadium recorded a territory ...

    View Berita Pub
  • umroh sunnah

    terima kasih atas informasinya, dengan begini sy mudah sekali mengecek keberangkatan ...

    View Berita Pub
  • Jane Emerald

    memang agak mahal sih, tapi lumayan daripada tidak lewat jalan tol..luama banget... ...

    View Berita Pub