PLN Diminta Kurangi Impor dalam Proyek Pembangkit Listrik

By PUBinfo Redaksi 19 Jun 2017, 15:26:06 WIB | dibaca : 310 pembaca

PLN Diminta Kurangi Impor dalam Proyek Pembangkit Listrik

Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta PT PLN untuk mengurangi impor dalam setiap proyek pembangkit listriknya. Grafis/Istimewa

AKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta PT PLN (Persero) untuk mengurangi impor dalam setiap proyek pembangkit listriknya. Dia meminta agar tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) agar ditingkatkan.

Direktur Perencanaan PLN Nicke Widyawati mengungkapkan, saat ini masih terdapat beberapa peralatan untuk pembangkit yang diimpor perseroan. Di antaranya, turbin dan boiler, karena itu, PLN diminta untuk menyusun peta jalan (roadmap) TKDN.

"Kita diminta Pak Luhut menyusun roadmap TKDN untuk equipment peralatan apa yang bisa diproduksi di dalam negeri. Kemudian tahapan supaya sampai ke situ gimana," katanya di Gedung BPPT, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Nicke menuturkan, turbin dan boiler yang digunakannya berasal dari Jepang, Eropa, dan India, namun 47,5% di antaranya didominasi oleh Jepang. Menurutnya, menerapkan TKDN dalam proyek pembangkit listrik tidak semudah yang dipikirkan dan perlu perencanaan yang matang.

"Kan itu perlu detailkan, bagaimana mencapai itu. Perencanaannya enggak bisa PLN sendiri. Jadi, tadi ada BPPT, Kemenko, nanti difasilitasi dikoordinasinya dari sini, kemudian dengan PLN, perbankan bagaimana supaya ada pendanaan yang kompetitif," imbuh dia.

Dari target 40% TKDN yang ditetapkan Kementerian Perindustrian, dia mengaku PLN baru sanggup mencapai 32%. "Sekarang 32% kan minimalnya 40%. Itu harus kita capai, tergantung pembangkit ada skala 25%, 50%, 100% dan sebagainya. Kalau yang kecil kita sudah lebih tinggi tapi kan kita perlu tingkatkan terus ke yang super critical. Jadi tadi baru diminta membentuk tim, nanti setelah itu," tutur Luhut.

 

Sumber: sindonews

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, RSS Feed dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • krim penghilang flek hitam ampuh aman

    mungkin ada pihak as yang kurang suka kpd gatot atas pembocoran pembelian senjata ...

    View Berita Pub
  • EssayCorp

    The incipient organism place that is known for the BMW Stadium recorded a territory ...

    View Berita Pub
  • umroh sunnah

    terima kasih atas informasinya, dengan begini sy mudah sekali mengecek keberangkatan ...

    View Berita Pub
  • Jane Emerald

    memang agak mahal sih, tapi lumayan daripada tidak lewat jalan tol..luama banget... ...

    View Berita Pub