Polisi Ingatkan Bahaya PCC ke Pelajar di Kabupaten Bandung

By PUBinfo Redaksi 18 Sep 2017, 14:54:13 WIB | dibaca : 224 pembaca

Polisi Ingatkan Bahaya PCC ke Pelajar di Kabupaten Bandung

Kapolsek Solokan Jeruk AKP Widdy Sindunoto saat sosialisasi bahaya pil PCC kepada siswa SMP. (Foto: Wisma Putra/detik.com)

Kabupaten Bandung - Polisi mengingatkan bahaya obat paracetamol caffeine carisoprodol (PCC) kepada siswa di SMPN 1 Solokan Jeruk. Kapolsek Solokan Jeruk AKP Widdy Sindunoto beserta jajarannya turun langsung mengantisipasi penyalahgunaan obat keras tersebut di hadapan ratusan pelajar.

"Carilah teman yang bermanfaat, jangan ada anggapan setiakawan atau ingin disebut hebat lalu mencoba-coba. Jika adik-adik mencoba narkoba, bahayanya akan ketergantungan dan dampaknya akan merusak generasi bangsa," kata Widdy di SMPN 1 Selokan Jeruk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (18/9/2017)

Soal pil PCC, dia membahas kejadian di Kendari, Sulawesi Tenggara. Pil tersebut mirip dengan narkoba jenis flaka di luar negeri. 

"PCC merupakan pil campuran yang berfungsi mengurangi rasa sakit, memberikan sifat penenang dan berbahaya jika dikonsumsi," ujar Widdy.

Dia menjelaskan sekitar lima bulan lalu Unit Reskrim Polsek Solokan Jeruk berhasil menggagalkan peredaran obat terlarang jenis trihex sebanyak 26 ribu butir. Berselang empat bulan, jajarannya kembali menyita sekitar 3.600 butir trihex dari seorang wanita.

"Sebulan yang lalu ada seorang siswa yang didiagnosa sebagai pengguna dan polisi menemukan beberapa butir obat sebagai barang bukti. Kami lakukan pengembangan ternyata masih ada yang ingin merusak generasi bangsa," katanya.

Dia mewanti-wanti kalangan pelajar untuk menjauhi segala bentuk penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Perlu peran orang tua, guru dan sahabat untuk bersama-sama melawan serta mengantisipasi bahaya narkoba.

"Sebagai penerus bangsa perlu memperkaya diri, jangan mudah terayu dan terpengaruh oleh temannya, sekarang berbagai bentuk narkotika ada di lingkungan kita," tutur Widdy.

Jika ada peredaran obat-obatan terlarang, Widdy meminta generasi muda ini segera melapor guru dan polisi. "Laporkan jika ada pengedar atau pemakai, bisa melaporkannya melalui media sosial Polsek Solokan Jeruk," kata Widdy.

Kepala Sekolah SMPN 1 Solokan Jeruk Wawan Sumantri mengapresiasi kegiatan yang digulirkan Polsek Solokan Jeruk. "Adanya sosialisasi ini anak-anak lebih tahu bahayanya bagaimana obat tersebut. Sehingga anak-anak akan menjauhi dan akan membantu memberikan laporan jika di sekitarnya ada yang mengedarkan atau mengonsumsi obat PCC," tutur Wawan. 

 

Sumber: detik.com

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Publik Ini

  1. guru fisika 18 Sep 2017, 17:45:28 WIB

    Wah memang pil pcc ini berbahaya sekali sih kalau sampai bereda di kalangan masyarakat, karena dampak yang diberikn pill cc ini sangat parah. Peran lingkungan sekitarnya seperti orang tua, guru dan teman-teman dekatnya sebaiknya juga memberikan pengarahan atau himbauan untuk menghindari penggunaan narkoba.

View all comments

Write a comment

(Input Kode Di Samping Dengan Benar)

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, RSS Feed dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Komentar Terakhir

  • EssayCorp

    The incipient organism place that is known for the BMW Stadium recorded a territory ...

    View Berita Pub
  • umroh sunnah

    terima kasih atas informasinya, dengan begini sy mudah sekali mengecek keberangkatan ...

    View Berita Pub
  • Jane Emerald

    memang agak mahal sih, tapi lumayan daripada tidak lewat jalan tol..luama banget... ...

    View Berita Pub
  • Jane Emerald

    benar itu Pak, semoga Allah selamatkan generasi muslim Indonesia ...

    View Berita Pub