Siap-siap, Bunga Kredit Kendaraan Akan Naik

By PUBinfo Redaksi 22 Apr 2019, 13:02:40 WIB | dibaca : 50 pembaca

Siap-siap, Bunga Kredit Kendaraan Akan Naik

Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna/detikFinance

Jakarta - Survei perbankan Indonesia (SPI) menyebut pada kuartal II tahun ini akan terjadi peningkatan pada bunga kredit.

Dari laporan survei yang diterbitkan Bank Indonesia (BI) hal ini sejalan dengan kenaikan suku bunga dana. Suku bunga dana adalah bunga yang diberikan untuk simpanan yang ada di bank, mulai dari tabungan biasa hingga deposito.

Karena hal tersebut, rata-rata suku bunga kredit rupiah juga mengalami peningkatan, terutama untuk kredit konsumsi dan kredit modal kerja. 

"Pada kuartal II 2019, suku bunga kredit konsumsi diperkirakan meningkat masing-masing 6 basis poin menjadi 12,91% dan kredit modal kerja naik 1 basis poin menjadi 11,38%," tulis keterangan tersebut, dikutip, Senin (22/4/2019).

Untuk jenis kredit konsumsi, kenaikan suku bunga terjadi pada kredit kendaraan bermotor yang naik 3 basis poin dan bunga kartu kredit naik 1 basis poin. Sementara itu untuk kredit kepemilikan rumah atau apartemen hingga kredit multiguna diprakirakan turun.

Kemudian disebutkan juga suku bunga kredit investasi justru diprakirakan turun 4 basis poin menjadi 11,51%.

Data BI juga menyebutkan pada 2019 pertumbuhan kredit diprediksi tumbuh 11,6% lebih rendah dibandingkan periode 2018 sebesar 12,1%. Pertumbuhan ini sejalan dengan optimisme menguatnya pertumbuhan ekonomi tahun 2019 dan relatif rendahnya risiko penyaluran kredit.

Sedangkan untuk dana pihak ketiga (DPK) pada 2019 diprakirakan naik dibandingkan tahun sebelumnya.

"Hal ini tercermin dari saldo bersih tertimbang (SBT) penghimpunan DPK 2019 sebesar 94%, lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya 91,7%. Optimisme prakiraan pertumbuhan DPK didorong oleh kenaikan suku bunga dana dan peningkatan pelayanan bank kepada nasabah," ujarnya.

 

Sumber : detik.com