Soal Kereta Cepat JKT-BDG, Erick Thohir: Proyek Jalan Terus!

By PUBinfo Redaksi 31 Mar 2020, 13:50:46 WIB | dibaca : 52 pembaca

Soal Kereta Cepat JKT-BDG, Erick Thohir: Proyek Jalan Terus!

Foto: ist

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir buka suara perihal proyek strategis nasional yang turut melibatkan perusahaan pelat merah. Salah satu proyek adalah pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Menurut Erick, situasi saat ini yang mana pandemi Covid-19 sedang mengalami eskalasi, tentu akan berdampak kepada sisi ketenagakerjaan proyek tersebut.

"TKA tentu belum bisa masuk, tentu ada delay, tapi proyek jalan terus," ujar Erick selepas penandatanganan nota kesepahaman dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal di Jakarta, Senin (30/3/2020). 

Menurut dia, Indonesia memiliki penduduk ratusan juta orang. Dengan demikian, suka tidak suka, transportasi publik akan diutamakan.

Lebih lanjut, Ia mengatakan Kementerian BUMN akan mendata proyek-proyek yang akan didahulukan dan mana yang akan ditunda.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta penghentian sementara proyek kereta cepat JKT-BDG. Instruksi tersebut tertuang dalam surat tertanggal 27 Februari 2020 yang ditandatangani oleh Plt Dirjen Bina Konstruksi, Danis Sumadilaga, selaku Ketua Komite Keselamatan Konstruksi.

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) ini ditangani oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Dalam surat tersebut, terdapat 6 poin catatan sebagai latar belakang penghentian proyek, salah satunya pembangunan proyek kurang memperhatikan kelancaran akses keluar masuk jalan tol sehingga berdampak terhadap kelancaran jalan tol dan non-tol.

 

Sumber : cnbcindonesia.com