Zulkifli Hasan Ajak Ulama Perangi Politik Uang

By PUBinfo Redaksi 22 Jan 2018, 10:55:35 WIB | dibaca : 179 pembaca

Zulkifli Hasan Ajak Ulama Perangi Politik Uang

CNN Indonesia/Dhio Faiz)

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (DPR) Zulkifli Hasan mengajak ulama dan tokoh Islam perangi politik transaksional atau politik uang. Ia menyampaikan ajakan itu di Pesantren Daar El-Qalam di Tangerang, Minggu (21/1).

Zulkifli menyebut, ulama memiliki peran penting dalam pemberantasan politik uang. Jika ajakan keluar dari mulut para tokoh agama Islam, kata Zulkifli, masyarakat akan mengikutinya.

"(Ulama) memberikan edukasi politik agar demokrasi kita tidak didominasi politik uang. Keberkahan dari langit dan bumi tidak akan datang kalau politik uang," katanya.

Zulkifli mengatakan, biaya politik sangat mahal saat ini. Mahalnya biaya politik, kata Zulkifli, membuat para calon yang berkontestasi mencari sumber pendanaan lain.

Ulama, ia menambahkan, memiliki peran untuk menyadarkan masyarakat akan bahaya politik uang bagi bangsa dan negara.

"Kesadaran sudah muncul di Jakarta, alhamdulillah. Kalau partai sekuler menang terus, kita sulit," katanya.

Zulkifli juga berpesan kepada para santri yang hadir untuk bersiap membenahi demokrasi Indonesia. Menurut Ketua Umum PAN ini, demokrasi Pancasila yang diusung Indonesia belum berjalan sebagaimana mestinya.

"Walau pun demokrasi Pancasila, praktiknya demokrasi liberalis. Anak-anakku, tidak ada pilihan lain, siapkan diri kalian sebaik-baiknya," ucap Zulkifli. 

 

Sumber: cnnindonesia.com