BBPP - Balai Besar Pelatihan Pertanian

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian, Kementerian Pertanian. Balai ini berdiri sejak tahun 1952 dengan nama Balai Pendidikan Masyarakat  Desa (BPMD), kemudian diperbaharui menjadi Pusat Kursus Pertanian Kalimantan (PKPK) pada tahun 1953, dan seiring dengan perkembangan pembangunan pertanian dan beban tugasnya pada tahun 1969 balai ini ditingkatkan menjadi Pusat Pengembangan Pertanian.

Seiring dengan pesatnya perkembangan pembangunan pertanian pada tahun 1975 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor. 190/Kpts/- Org/5/1975 balai ini ditingkatkan statusnya menjadi Pusat Latihan Pertanian (PLP), dan melalui Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor. 52/Kpts/Org/- 1/1978 tanggal 28 Januari 1978 balai ini fungsinya berubah menjadi Balai Latihan Pegawai Pertanian (BLPP) Binuang.

Namun dengan terbitnya SK Mentan No. 84 / Kpts / OT.210 / 2 / 2000 tanggal 29 Pebruari 2000 balai ini fungsinya ditingkatkan menjadi Balai Diklat Pertanian (BDP) Binuang. Berdasarkan Surat Keputusan Mentan Nomor. 333/Kpts/- OT.210/5/2002 tanggal 8 Mei 2002 balai ini mendapat tugas khusus untuk melakukan pelatihan teknis dibidang perkebunan dan lahan rawa pasang surut, sehingga balai ini menjadi Balai Diklat Agribisnis Perkebunan dan Teknologi Pasang Surut (BDAPTPS) Binuang dengan tingkat eselonering (III/a). Setelah dilakukan pembenahan dan evaluasi oleh Kementerian Aparatur Negara status balai ditingkatkan eseloneringnya menjadi (II/b) melalui Peraturan Menteri Pertanian RI Nomor. 18/Permentan/OT.140/- 2/2007 pada tanggal 19 Pebruari 2007 balai ini menjadi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang  dengan wilayah kerja pelatihan pertanian seluruh Kalimantan secara umum, dan secara khusus memberikan pelatihan teknis pertanian, teknologi lahan rawa pasang surut, fungsional penyuluh pertanian, fungsional RIHP, Manajemen dan Kewirausahaan Pertanian .

Tugas dan Fungsi

Tugas

Melaksanakan dan mengembangkan teknik pelatihan teknis, fungsional dan kewirausahaan di bidang pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian.

Fungsi

Dalam melaksanakan tugas kediklatan, BBPP Binuang menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan, rencana, program dan pelaksanaan kerjasama;
  2. Pelaksanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan;
  3. Pelaksanaan diklat teknis di bidang pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian;
  4. Pelaksanaan diklat fungsional di bidang pertanian bagi aparatur pertanian;
  5. Pelaksanaan diklat kewirausahaan di bidang pertanian bagi non aparatur pertanian;
  6. Pelaksanaan pengembangan teknik diklat di bidang tanaman pangan, perkebunan dan teknologi lahan rawa;
  7. Pelaksanaan pengembangan teknik diklat pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian;
  8. Penyusunan bahan Standar Kompetensi Kerja (SKK) diklat teknis, fungsional dan kewirausahaan di bidang pertanian;
  9. Pelaksanaan penyusunan paket pembelajaran dan media diklat teknis, fungsional dan kewirausahaan di bidang pertanian;
  10. Pelaksanaan pemberian konsultasi agribisnis;
  11. Pemberian pelayanan pelaksanaan dan pengembangan teknik diklat teknis, fungsional dan kewirausahaan di bidang pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian;
  12. Pengelolaan urusan tata usaha dan rumah tangga.

Visi dan Misi

Visi

Visi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang  sebagai berikut:

"Menjadi Center Of Excellent dalam menyelenggarakan pelatihan untuk menghasilkan SDM pertanian yang Profesional, inovatif, mandiri dan berdaya saing".

Misi

Dalam mewujudkan visi, Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang menetapkan misi yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu 2015 - 2020 adalah:

  • Meningkatkan kualitas rencana program, pemantauan evaluasi, pelaporan dan pengendalian;
  • Meningkatkan pelaksanaan kerjasama, jejaring kerja dan sistem informasi pertanian;
  • Mendayagunakan sumberdaya manusia (brainware), prasarana dan sarana (hardware)  Balai dalam rangka pengembangan SDM Pertanian;
  • Meningkatkan kompetensi ketenagaan diklat;
  • Meningkatkan kualitas pelaksanaan, sistem dan prosedur dan norma penyelenggaraan diklat serta pengembangan teknik diklat teknis, fungsional, kewirausahaan;
  • Meningkatkan kualitas pelayanan konsultasi agribisnis dan pengembangan pola/model, diklat teknis, dan kewirausahaan pertanian;
  • Meningkatkan   kualitas  pengelolaan   administrasi,   manajemen   dan monev.

 

Sumber: bbppbinuang.info


Layanan - BBPP - Balai Besar Pelatihan Pertanian

Layanan Publik - Instansi