UPT BPI LIPI - UPT Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

UPT BPI-LIPI berdiri sejak tahun 1987, berdasarkan SK Ketua LIPI No. 1333/Kep/D.5/1987 pada tanggal 25  Nopember 1987. Didalam perkembangannya, pada tahun2002 mengalami reorganisasi dan berubah nama dari UPT Balai Pemanfaatan hasil Penelitian dan Pengembangan  Instrumentasi menjadi UPT Balai Pengembangan  Instrumentasi  dengan  Keputusan  Kepala  LIPI  No. 1025/M/2002 tanggal 12 Juni 2002. Pada pasal 1  disebutkan  bahwa  UPT Balai Pengembangan Instrumentasi-LIPI (UPT BPI – LIPI) yang dahulu dikenal dengan  sebutan UPT Balai LIN-LIPI berada di bawah Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI dan pembinaan sehari- harinya dilakukan oleh Pusat Penelitian Kalibrasi, Instrumentasi, dan Metrologi LIPI (Puslit KIM-LIPI).

UPT BPI LIPI mempunyai tugas melaksanakan, memanfaatkan, menyebarluaskan dan menerapkan hasil penelitian dan pengembangan di bidang instrumentasi dan kalibrasi, serta mempunyai program pengembangan MSTQ. Dalam menjalankan Tupoksi UPT Balai Pengembangan Instrumentasi pada 5 (lima) tahun mendatang telah menetapkan Visi dan Misi dengan Kompetensi intinya adalah: “Pengembangan dan penerapan bidang instrumentasi teknik pengukuran serta meningkatkan kemampuan SDM untuk menunjang mutu produk industri.”

UPT Balai Pengembangan Instrumentasi merupakan unit kerja yang sangat potensial di bidangnya, karena dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mendukung dan bisa dijadikan peluang untuk meningkatkan kinerja, di antaranya :

  1. UPT Balai Pengembangan Instrumentasi terbentuk atas SK Kepala LIPI Nomor 1025/M/2002 pada tanggal 12 Juni 2002 dan merupakan hasil perjuangan selama 15 tahun UPT Balai LIN-LIPI (SK Kepala LIPI Nomor 1333/Kep/D.5/87, tanggal 25 November 1987) bekerja untuk mengembangkan organisasi.
  2. Tupoksi UPT yang merupakan mekanisme penyebarluasan hasil-hasil penelitian di bidang kalibrasi dan instrumentasi serta menunjang pelaksanaan program pengembangan MSTQ.
  3. Peningkatan daya saing pada era perdagangan bebas mendatang dimana salah satunya adalah menerapkan standar yang dipersyaratkan.
  4. Telah terakreditasinya laboratorium kalibrasi UPT Balai LIN-LIPI sejak tahun 1997 sampai sekarang, dengan kecenderungan meningkatnya rentang ukur yang dimiliki setiap tahunnya.

Tugas & Fungsi

Ruang lingkup tugas dan fungsi UPT Balai Pengembangan Instrumentrasi LIPI sesuai dengan Keputusan Kepala LIPI Nomor:1025/Kep/M/2002 tanggal 12 Juni 2002 adalah sebagai berikut:

Tugas

Melaksanakan pengembangan dan pemanfaatan penyebarluasan dan penerapan hasil-hasil penelitian di bidang kalibrasi dan instrumentasi.

Fungsi

  1. Pengembangan dan penerapan hasil-hasil penelitian di bidang Instrumentasi,
  2. Pelayanan kalibrasi untuk masyarakat industri dalam rangka peningkatan mutu produksi,
  3. Pelaksanaan dukungan program pengembangan MSTQ dengan jalan memasyarakatkan hasil-hasil yang sudah dicapai dalam program pengembangan MSTQ di bidang kalibrasi,
  4. Pelaksanaan peningkatan sumber daya manusia industri di bidang instrumentasi dan kalibrasi,
  5. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga.

Visi Misi

Visi

Menjadi unit terpercaya layanan masyarakat di bidang Instrumentasi adalah

Misi

  1. Mengembangkan dan menerapkan hasil penelitian di bidang instrumentasi dan teknik pengukuran untuk masyarakat industri dalam rangka meningkatkan mutu.
  2. Mendukung peningkatan SDM dibidang instrumentasi dan teknik pengukuran.

 

Sumber : bpi.lipi.go.id


Layanan - UPT BPI LIPI - UPT Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI

Layanan Publik - Instansi