Puslitbang Tanaman Pangan - Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Tentang

SEJARAH SINGKAT

Dibentuk pada tahun 1918, Algemeen Proefstation voor den Landbow(Balai Penyelidikan Pertanian) adalah cikal bakal Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Tanaman Pangan, yang pada tahun 1949 bernama Jawatan Penyelidikan Pertanian dan pada tahun 1952 menjadi Balai Besar Penyelidikan Pertanian.

Menyadari pentingnya pertanian sebagai sumber perekonomian rakyat, Pemerintah Indonesia pada tahun 1960-an mulai menaruh perhatian terhadap lembaga penelitian yang diharapkan mampu membawa kemajuan bagi pertanian nasional. Hal ini tercermin dari lahirnya Lembaga Pusat Penelitian Pertanian (LP3) pada tahun 1966, yang sebelumnya bernama Balai Besar Penyelidikan Pertanian.

Sejalan dengan reorganisasi di tubuh Departemen Pertanian pada tahun 1974, seluruh unit kerja penelitian yang semula bernaung di bawah Direktorat Jenderal Departemen Pertanian, termasuk LP3 yang berkedudukan di Bogor, bergabung di bawah payung Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Pertanian. Pada tahun 1980 LP3 berganti nama dengan Puslitbang Tanaman Pangan. Dalam perjalanannya, lembaga penelitian ini telah memberikan kontribusi yang nyata dalam pembangunan pertanian nasional.

Tupoksi

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor: 299/Kpts/OT.140/7/2005 tanggal 25 Juli 2005, tentang oragnisasi dan Tata Kerja Departemen Pertanian, Puslitbang Tanaman Pangan yang merupakan bagian dari Badan Litbang Pertanian mendapat tugas untuk melaksanakan penyiapan perumusan kebijakan dan program serta melaksanakan penelitian dan pengembangan tanaman pangan. Dalam melaksanakan tugasnya, Puslitbang Tanaman Pangan Menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

  1. Penyiapan perumusan kebijakan penelitian dan pengembangan;
  2. Perumusan program penelitian dan pengembangan;
  3. Pelaksanaan kerja sama dan pendayagunaan hasil penelitian dan pengembangan;
  4. Pelaksanaan penelitian dan pengembangan;
  5. Evaluasi dan pelaporan pelaksanaan penelitian dan pengembangan tanaman pangan;
  6. Pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga di tingkat Pusat.

Visi dan Misi

VISI

Puslitbang Tanaman Pangan tahun 2014 menjadi lembaga rujukan Iptek dan Sumber inovasi teknologi yang bermanfaat sesuai kebutuhan pengguna.

MISI

  1. Menghasilkan, mengembangkan, dan mendiseminasikan inovasi teknologi dan rekomendasi kebijakan tanaman pangan yang unggul, bernilai tambah, efisien dan kompetitif
  2. Meningkatkan kualitas sumber daya penelitian tanaman pangan serta efisiensi dan efektivitas pemanfaatannya
  3. Mengembangkan jejaring kerja sama nasional dan internasional dalam rangka penguasaan IPTEK dan peningkatan peran Puslitbang Tanaman Pangan dalam Pembangunan Pertanian

 

Sumber : pangan.litbang.pertanian.go.id


Layanan - Puslitbang Tanaman Pangan - Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan

Layanan Publik - Instansi