B2TKS BPPT - Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur BPPT

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Latar Belakang dan Sejarah

Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur (B2TKS) dahulu bernama Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Uji Konstruksi (UPT-LUK), pada tanggal 18 Desember 1984, Presiden Republik Indonesia, Soeharto meresmikan UPT–LUK BPPT yang berlokasi di Kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK), Kecamatan Setu, Tangerang Selatan–Banten.

Berdasarkan SK Kepala BPPT, No.045/Kp/KA /IV/2004 pada tanggal 21 April 2004, Kepala BPPT, Ir.M.Hatta Rajasa menetapkan dan meresmikan B2TKS menggantikan nama LUK. Pengalaman menunjukkan, bahwa B2TKS selama ini sudah dapat melaksanakan pengujian-pengujian dari skala kecil sampai besar, seperti : komponen otomotif, sarana dan prasarana bangunan sampai dengan pengujian skala penuh Pesawat Terbang CN 235 buatan IPTN.

Dengan kebijakan MP3EI (Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia) maka kompetensi dan pengalaman B2TKS tersebut diatas dapat memberikan kontribusi dalam mendukung kajian kehandalan material dan struktur, diantaranya adalah: Alustita, Migas, Transportasi, Energi. Mencermati masih seringnya kejadian musibah kegagalan struktur akibat fenomena korosi dan kelelahan logam dan faktor penyebab lainnya, selain tupoksi & pengalaman kerja B2TKS berkewajiban mempunyai “task force” yang berperan sebagai tim “tanggap darurat“

Ditinjau dari sudut perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia maka peranan B2TKS di harapkan juga dapat memberikan andil melalui kerjasama riset baik dengan instansi pemerintah, industri swasta, maupun perguruan tinggi di Indonesia

Dalam kurun waktu 30 tahun pengabdian B2TKS, dan sesuai dengan tuntutan organisasi, dimana perubahan adalah sesuatu yang mutlak harus dilakukan, maka B2TKS telah berhasil mereformasi dirinya dan telah terjadi perubahan manajemen kepemimpinan, sejak bernama LUK (Laboratorium Uji Konstruksi) sampai dengan menjadi B2TKS adalah sebagai berikut :

Periode Tahun 1985 s/d Tahun 1985,
Berdaarkan SK Menristek/Ka.BPPT No. 265/M/BPPT/I/1985
Ir. Gunawan Sakri Soemargono, dilantik sebagai Kepala LUK

Periode Tahun 1998 s/d Tahun 2004
Berdasarkan SK Ka.BPPT No. 104/M/KP/IX/1998, tanggal 29 September 1998
Dr-.Ing Amir Partowiyatmo, dilantik sebagai kepala LUK
 
Periode Tahun 2004 s/d Tahun 2006
Berdasarkan SK Ka.BPPT No. 087/KP/KA/VIII/2004, tanggal 5 Agustus 2004
Dr-.Ing Amir Partowiyatmo, dilantik sebagai kepala B2TKS

Periode Tahun 2006 s/d Tahun 2012
Berdasarkan SK.K.BPPT nO. 175/KP/BPPT/IV/2006, tanggal 24 April 2006
Dr.Ir.Triwibowo, M.Sc, dilantik sebagai kepala B2TKS

Periode Tahun 2012 s/d Sekarang
Berdasarkan SK Ka.BPPT/No. 001/Tahun 2012, tanggal 10 Januari 2012
Dr.Ir.Hamir Hamzah, M.Eng, dilantik sebagai kepala B2TKS

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok :

Melaksanakan Pengkajian dan Penerapan Teknologikekuatan material dan struktur, penyiapan rumusan kebijakan, koordinasi serta pelayanan jasa teknologi dalam rangka meningkatkan daya saing industri.

Fungsi :

  • Pelaksanaan layanan jasa teknologi, kerja sama teknis, serta perencanaan, dokumentasi dan pelaporan.
  • Pelayanan pengkajian dan penerapan teknologi kekuatan material dan struktur alat transportasi, bangunan dan peralatan industri, serta pengukuran dan analisa beban.
  • Pelaksanaan pengkajian dan penelitian karakteristik dan aplikasi material, inspeksi teknis, serta analisa kerusakan dan umur sisa

 

Sumber : b2tks.bppt.go.id


Layanan - B2TKS BPPT - Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur BPPT

Layanan Publik - Instansi