BPDP BPPT - Balai Pengkajian Dinamika Pantai BPPT

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Keberadaan Balai Pengkajian Dinamika Pantai BPPT bermula ketika pemerintah Republik Indonesia melalui Dirjen Perhubungan Laut, Departemen Perhubungan (Kementrian Perhubungan) pada tahun 1982 mendirikan Laboratorium Teknik Pantai (LTP) di Yogyakarta. Pendirian laboratorium ini merupakan bagian dari pembangunan Pelabuhan Laut Pulau Baai di Bengkulu untuk memenuhi kebutuhan uji model fisik. Bersamaan dengan berakhirnya proyek pembangunan Pulau Baai pada tahun 1987, LTP dialihkan pengelolaannya ke Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, yang selanjutnya namnya berubah menjadi Laboratorium Pengkajian Teknik Pantai (LPTP). Pada tahun 2001, LPTP berubah menjadi Balai Pengkajian Dinamika Pantai (BPDP), dengan tugas pokok adalah melakukan pengkajian pengembangan, dan penerapan teknologi di bidang teknik pantai.

Kehadiran BPDP adalah untuk menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang berkaitan dengan pemanfaatan sumberdaya pantai dan penanganan kerusakan pantai antara lain seperti mundurnya garis pantai karena adanya erosi, sedimentasi, baik di dalam pelabuhan maupun di alur pelayaran, tambak, pencemaran limbah industri, tumpahan minyak, termasuk intrusi air laut. Di bidang infrastruktur pantai BPDP melakukan fungsi layanan teknologi untuk perancangan bangunan pantai dan pelabuhan, sejak tahapan pra-studi kelayakan, studi kelayakan, desain (basic design), dan detil desain (detail engineering design).

Tupoksi

  1. Pengkajian, Pengembangan dan Penerapan di bidang perencanaan pelabuhan dan bangunan pantai,
  2. Pengkajian, Pengembangan dan Penerapan di bidang Struktur & Geoteknik pelabuhan dan bangunan pantai,
  3. Pengkajian, Pengembangan dan Penerapan di bidang hidrodinamika gelombang dan arus,
  4. Pengkajian, Pengembangan dan Penerapan di bidang morfologi pantai dan lingkungan pantai,
  5. Pengkajian, Pengembangan dan Penerapan di bidang pengelolaan kawasan pesisir,
  6. Pengkajian, Pengembangan dan Penerapan di bidang mitigasi dan adaptasi

Visi dan Misi

Visi

Menjadi pusat unggulan yang berperan aktif dalam pengkajian, penerapan, dan pengembangan teknologi yang berkaitan dengan masalah pengelolaan pantai dan pelabuhan serta sumberdaya kawasan pantai untuk memacu proses pembangunan dan pemberdayaan kawasan pantai.

Misi

  1. Memberikan pelayanan jasa teknologi pantai dan pelabuhan serta kawasan pantai kepada pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha dan masyarakat.
  2. Mengembangkan teknologi bidang pantai dan pelabuhan di Indonesia.
  3. Mengembangkan riset teknologi pantai dengan menitikberatkan pada riset terapan.
  4. Mengembangkan pusat informasi data kepantaian,
  5. Mengembangkan BPDP menjadi institusi kuat dibidang penelitian, pengkajian dan penerapan teknologi pantai dan pelabuhan.

 

Sumber : bpdp.bppt.go.id


Layanan - BPDP BPPT - Balai Pengkajian Dinamika Pantai BPPT

Layanan Publik - Instansi