B2TE BPPT - Balai Besar Teknologi Energi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Profil

Balai Besar Teknologi Energi (B2TE) adalah suatu unit organisasi yang melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan serta pengkajian di bidang teknologi energi, yang akan diaplikasikan di Indonesia, baik untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.

Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh B2TE antara lain kegiatan penelitian dan pengkajian teknologi konversi dan konservasi energi, pengujian-pengujian serta pengembangan sarana dan prasarana.

Kegiatan penelitian dan pengkajian banyak dilakukan dalam penerapan teknologi konversi energi, baik energi yang terbarukan (renewable energy) seperti solar dan biomasa, maupun energi yang tidak terbarukan (non-renewable energy) seperti batubara. Selain itu dilakukan juga penelitian dan pengkajian di bidang lingkungan yang berkaitan dengan pembangkit energi. Kegiatan yang berhubungan dengan prasarana seperti pengembangan sistem informasi dan perpustakaan juga dilakukan guna menunjang kegiatan pokok B2TE.

Disamping itu B2TE juga menjalin kerjasama di dalam negeri baik swasta maupun pemerintah, untuk kerjasama dengan luar negeri antara lain dengan pemerintah Jerman, Jepang, Australia dan Bank Dunia. Dari kerjasama ini telah diwujudkan hasil-hasil nyata berupa bantuan dana, peningkatan keahlian, serta fasilitas perangkat lunak dan keras.

Institusi ini telah menjadi pusat unggulan dari teknologi energi yang efisien, handal dan ramah lingkungan di Indonesia.

Sejarah

Balai Besar Teknologi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (B2TE-BPPT) merupakan salah satu pusat unggulan pengembangan teknologi energi, diharapkan mampu berperan untuk mendorong pertumbuhan industri energi serta penerapan teknologi energi yang efisien, handal dan ramah lingkungan bagi pemecahan permasalahan nasional.

Pendirian B2TE-BPPT diawali dengan terbentuknya Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Sumberdaya dan Energi (UPT-LSDE) pada tanggal, 24 Februari 1987 sebagai satuan kerja di lingkungan BPPT dan mempunyai tugas melaksanakan pengkajian, pengembangan dan penerapan teknologi konversi dan konservasi energi untuk melayani kebutuhan nasional yang merupakan hasil kajian BPPT dan Battelle Columbus Laboratories berupa Master Plan for The Indonesian Energy Institute, Serving The Nation Through Energy Technology.

Selanjutnya pada tanggal, 21 April 2004 dilakukan reorganisasi dan berganti nama menjadi Balai Besar Teknologi Energi atau B2TE dan diresmikan berdasarkan SK Ka BPPT no SK No. 047/Kp/KA/IV/2004 dan mempunyai tugas melaksanakan pengkajian, pengujian, pengembangan, penerapan dan penyebarluasan teknologi energi yang efisien, handal dan berwawasan lingkungan.

Tugas & Fungsi

  • Pelaksanaan pengkajian, pengujian, perancangan, pengembangan, penerapan dan penyebarluasan teknologi energi terbarukan, energi fosil dan efisiensi energi
  • Pelaksanaan koordinasi dan penyusunan program, urusan kerjasama, dan pelayanan teknologi di bidang energi terbarukan, energi fosil dan efisiensi energi
  • Pelaksanaan penyiapan rumusan kebijakan pemerintah dalam bidang energi terbarukan, energi fosil dan efisiensi energi
  • Pelaksanaan koordinasi kegiatan dalam bidang energi terbarukan, energi fosil dan efisiensi energi
  • Pelaksanaan urusan tata usaha, sumberdaya manusia, keuangan dan rumah tangga
  • Pelaksanaan dan penerapan sistem mutu

Visi dan Misi

 

Sumber : b2te.bppt.go.id


Layanan - B2TE BPPT - Balai Besar Teknologi Energi, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Layanan Publik - Instansi