B2TP BPPT - Balai Besar Teknologi Pati BPPT

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Krisis minyak bumi yang melanda dunia pada awal dekade 1980 telah mendorong upaya pemanfaatan sumberdaya energi terbarukan sebagai energi alternatif maupun energi utama pengganti minyak bumi. Salah satunya adalah bioetanol (ethyl alkohol) yang dapat dihasilkan melalui proses fermentasi bahan yang mengandung gula maupun pati, seperti: nira, umbi-umbian, biji-bijian, dan tetes (hasil samping pabrik gula).

Dalam rangka melaksanakan upaya tersebut, pada tahun 1983 BPPT mendirikan proyek Pilot Plant Ethanol dan Perkebunan Energi yang merupakan cikal bakal Balai Besar Teknologi Pati (B2TP) di daerah transmigrasi di Lampung Tengah dengan tujuan utama memanfaatkan ubi kayu yang sangat berlimpah dan harganya murah pada saat itu.

BPPT bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) mendirikan Biomass energy Research and Development Centre (BERDC) yang mencakup fasilitas Pilot Plant Ethanol 8 kl/hari. Laboratorium Penelitian (hibah dari Jepang), serta kebun percobaan dan penyangga untuk budidaya tanaman berpati di Negara Bumi Ilir, Kecamatan Anak Tuha Kabupaten Lampung Tengah. Seiring dengan itu BPPT mendirikan Pilot Plant ethanol, Single Cell Protein (SCP), dan High Fructose Syrup (HFS) di Kabupaten Tulang Bawang.

Berdasarkan keputusan Menristek/Kepala BPPT SK/098/KA/BPPT/IV/1987, pada tahun 1987 lembaga ini ditetapkan menjadi Unit Pelaksana Teknis-Ethanol, Protein Sel Tunggal, dan Gula (UPT-EPG) dan Tahun 1998 program kegiatan UPT-EPG difokuskan pada pengkajian dan pengembangan teknologi pati (starch technology centre) dalam rangka mendukung tumbuh kembangnya industri berbasis pati untuk pemenuhan kebutuhan pangan maupun bahan industri, serta optimalisasi pendayagunaan sumberdaya alam untuk peningkatan perekonomian rakyat.

Pada tahun 2004, Menristek/Kepala BPPT melalui SK/044/Kp/KA/IV/2004 menetapkan perubahan unit kerja ini menjadi Balai Besar Teknologi Pati (B2TP). Tugas pokok B2TP adalah melaksanakan pengkajian, pengembangan, dan penerapan teknologi produksi sumberdaya pati, proses diversifikasi produk berbasis pati, produksi ethanol dan derivatifnya untuk memenuhi kebutuhan industri pangan, non-pangan, maupun energi.

Tupoksi

Tugas Pokok B2TP:

Melaksanakan pengkajian, pengembangan, dan penerapan teknologi produksi sumberdaya pati, proses diversifikasi produk berbasis pati, produksi etanol dan derivatifnya untuk memenuhi kebutuhan industri pangan, nonpangan, dan energi.

Visi dan Misi

VISI

sebagai pusat unggulan di bidang teknologi pati untuk meningkatkan kontribusi agroindustri dalam pembangunan ekonomi nasional,menjadi mitra industri yang handal dan terpercaya

MISI

  • Mengkaji, mengembangkan dan menerapkan teknologi sumberdaya pati
  • Menyiapkan proses diversifikasi produk berbahan baku pati
  • Menyiapkan Teknologi industri di bidang etanol dan derivatnya secara tepat guna untuk mendapatkan nilai tambah
  • Memberikan masukan untuk kebijakan pemerintah dalam pengembangan teknologi pati yang berkelanjutan

 

Sumber : b2tp.bppt.go.id


Layanan - B2TP BPPT - Balai Besar Teknologi Pati BPPT

Layanan Publik - Instansi