BBPMEKTAN - Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

Institusi Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) merupakan salah satu unit kerja setingkat Eselon IIb Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang dibentuk berdasarkan PERATURAN MENTERI PERTANIAN Nomor : 38/Permentan/OT.140/3/2013 yang diberi mandat nasional sebagai pelaksana teknis dibidang penelitian, perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian.

Dalam melaksanakan mandatnya Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian mengacu kepada Renstra Kementerian Pertanian Tahun 2010-2014 yang merupakan acuan dan arahan pembangunan pertanian untuk memposisikan kembali pertanian sebagai motor penggerak pembangunan nasional melalui pencapaian 4 Target Utama pembangunan pertanian ke depan, yaitu: (1) pencapaian swasembada dan swasembada berkelanjutan, (2) peningkatan diversifikasi pangan, (3) peningkatan nilai tambah, daya saing dan ekspor, dan (4) peningkatan kesejahteraan petani.

Sejarah

Pada tahun 1953 merupakan sebagai Instansi/kelembagaan Jawatan Pertanian Rakyat yang mempunyai tugas untuk meningkatkan produksi pangan dengan didirikan pusat-pusat latihan dan perbengkelan dan Tenaga teknis ada pelatihan ke luar negeri.

Pada tahun 1957 menjadi MEKATANI, kemudian pada tahun 1963 berganti nama menjadi Lembaga Penelitian Tenaga Kerja dan Peralatan Pertanian (Mekanisasi skala kecil dan efisien). Pada tahun 1970 berganti nama lagi menjadi Diametan, di bawah Direktorat teknik Pertanian dan di tahun 1975 menjadi Sub Direktorat Mekanisasi Pertanian, Dit.Produksi.

Pada tahun 1983 beralih menjadi Subdit Pengembangan Alat dan Mesin Pertanian, kemudian pada pertengahan tahun 1986 tepatnya 23 Juni 1986 berganti nama JICA-Ditjentan (Peletakan batu pertama) di Serpong. Diresmikan pada tanggal 9 Maret 1987 yang kemudian pada tahun 1987 sampai dengan 1991 menjadi lembaga Ditjentan (CDAET - ATA 220). Pada tanggal 21 Februari 1991 diterbitkan SK Mentan No. 75/Kpts/OT.210/2/91 Badan Litbang Pertanian dengan nama Balai Besar Pengembangan Alat dan Mesin Pertanian.

Pada tanggal 28 Juni 2002 diterbitkan kembali SK Mentan No. 403 /Kpts/OT.210/6/2002 kemudian berganti nama lagi dari Balai Besar Pengembangan Alat dan Mesin Pertanian diubah menjadi Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian sampai dengan saat ini.

Sesuai PERATURAN MENTERI PERTANIAN Nomor : 38/Permentan/OT.140/3/2013 Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian mempunyai tugas melaksanakan penelitian, perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian.

Tugas dan Fungsi

Tugas Pokok

Melaksanakan penelitian, perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian

Fungsi

  • Pelaksanaan penyusunan program, rencana kerja, anggaran, evaluasi, laporan penelitian, perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian;
  • Pelaksanaan penelitian keteknikan pertanian;
  • Pelaksanaan perekayasaan, rancang bangun dan modifikasi desain, model serta prototipe alat dan mesin pertanian;
  • Pelaksanaan pengujian prototipe alat dan mesin pertanian;
  • Pelaksanaan pengembangan model dan sistem mekanisasi pertanian;
  • Pelaksanaan analisis kebijakan mekanisasi pertanian;
  • Pelaksanaan penelitian komponen teknologi sistem dan usaha agribisnisdi bidang mekanisasi pertanian;
  • Pelaksanaan kerjasama dan pendayagunaan hasil penelitian, perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian;
  • Pelaksanaan pengembangan sistem informasi hasil penelitian, perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian;
  • Pelaksanaan urusan kepegawaian, keuangan, rumah tangga dan perlengkapan BBP Mektan.

Visi dan Misi

Visi

Menjadi lembaga penelitian dan pengembangan mekanisasi pertanian bertaraf internasional dalam menghasilkan inovasi mekanisasi pertanian yang bermanfaat bagi penggunanya.

Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut BBP Mektan mempunyai misi sebagai berikut :

  • Melakukan penelitian, perekayasaan dan pengembangan untuk menghasilkan teknologi mekanisasi pertanian inovatif, teruji, berdaya saing dan berhasil guna serta berdampak bagi kemajuan pembangunan pertanian.
  • Melakukan sinkronisasi program penelitian, perekayasaan, pengembangan mekanisasi pertanian melalui penelitian/perkekayasaan koordinatif dengan institusi litbang lainnya, serta melakukan koordinasi dengan institusi pemerintah dan swasta terkait agar hasil litbang mekanisasi berhasil guna.
  • Membangun kerjasama kemitraan nasional dan internasional dalam penelitian, perekayasaan dan pengembangan mekanisasi pertanian .
  • Menghasilkan bahan untuk perumusan kebijakan, rekomendasi dan informasi untuk percepatan pengembangan dan penerapan mekanisasi pertanian di Indonesia.
  • Membangun kemampuan institusi melalui pengembangan SDM dan sarana yang memadai dan kompeten bertaraf internasional.

Motto dan Janji Layanan

Motto Pelayanan

Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

"MENGHASILKAN PRODUK BERMUTU TINGGI DAN BERDAYA SAING"

Janji Layanan

Segenap Pegawai Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian Berkomitmen untuk :

"MELAYANI DENGAN SETULUS HATI DAN PROFESIONAL"

 

Sumber: mekanisasi.litbang.pertanian.go.id


Layanan - BBPMEKTAN - Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian

Layanan Publik - Instansi