KSD - Komunitas Sobat Diabet

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Latar Belakang

Jumlah penderita penyakit diabetes tipe 2 di dunia semakin meningkat. Data menunjukkan bahwa kasus baru diabetes telah mencapai angka 371 juta hingga tahun 2012. (IDF Diabetes Atlas 5th Edition. 2012).

Selain angka penyakit yang terus melejit, pola dan karakteristik penderitanya pun kini telah berubah, apabila dulu diabetes identik dengan penyakit orang tua atau kakek nenek kita. Kini diabetes “is getting younger”. Secara global jumlah penderita diabetes pada usia 20-30 tahun terus meningkat, di Amerika setengah juta masyarakat usia 20-30 tahun yang terdiagnosis diabetes pada tahun 2010. (diabetes.niddk.gov, 2010)

Penyakit Diabetes bukan hanya menjadi permasalahan masyarakat di negara maju, di negara berkembang khususnya Indonesia diabetes menjadi permasalahan kesehatan yang sangat perlu diperhatikan. Menurut data dari Healthline.com tahun 2012, Indonesia menduduki peringkat ke 7 negara dengan penderita diabetes terbanyak di dunia. Dan Badan Kesehatan Dunia, WHO memprediksi penderita diabetes di Indonesia akan terus meningkat hingga menduduki peringkat ke 4 di dunia pada tahun 2030.

Untuk mencegah jumlah penyakit ini maka perlu adanya peningkatan pengetahuan dan perilaku hidup sehat, mengingat faktor risiko yang paling utama berhubungan dengan penyakit diabetes tipe 2 adalah life style alias gaya hidup. Selain itu, faktor gaya hidup merupakan faktor risiko yang masih dapat diubah. American Diabetes Association (ADA) menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup yang sederhana, seperti pola makan yang lebih sehat dan rutin beraktivitas fisik, sudah dapat menurunkan risiko diabetes secara signifikan pada mereka yang berisiko tinggi.

Pengetahuan dan perilaku hidup sehat yang berkaitan dengan pencegahan diabetes perlu diaplikasikan sedini mungkin, khususnya di kalangan remaja yang seringnya kurang sadar terhadap kondisi kesehatan mereka.

Maka dari itu, kami @sobatdiabet sebagai komunitas sehat yang peduli pencegahan diabetes ingin mengajak seluruh remaja di Indonesia untuk bisa berpartisipasi aktif mengajak diri sendiri, keluarga, dan sahabat di sekitar untuk bersama-sama mencegah diabetes.

Visi

Membentuk generasi muda yang peduli terhadap diabetes dan berbagai isu kesehatan.

Misi

  1. Menjadi sobat bagi generasi muda untuk bersama-sama mewujudkan hidup sehat
  2. Menjadi komunitas yang aktif berkampanye dalam pencegahan diabetes dan hidup sehat
  3. Menjadi wadah berbagi untuk para kerabat atau keluarga yang mengalami diabetes

Kegiatan

Sobat diabet memiliki beragam aktivitas, di antaranya adalah :

  1. Edukasi tentang diabetes dan kesehatan, baik offline maupun online
  2. Yoga gembira di Taman Suropati bersama dengan Social Yoga Club
  3. Pengecekan gula darah
  4. Kunjungan pasien diabetes di rumah sakit
  5. Menjadi partner dari Young Spikes Indonesia dalam kompetisi untuk meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap diabetes
  6. Sharing tentang komunitas kesehatan di Nutrition Fair IPB 2014
  7. World Diabetic Day
  8. Dan lainnya

kegiatan-sd1

Gabung Komunitas

Bergabung dengan komunitas Sobat Diabet, yuk! Berdiskusi dengan sesama Sobat Diabet dalam forum kami dengan topik-topik menarik. Jika kamu ingin berkontribusi lebih banyak lagi dalam kegiatan Sobat Diabet, kamu dapat bergabung menjadi Relawan untuk mengikuti kegiatan offline kami ataupun melakukan Donasi.

komunitas Sobat Diabet

relawan

 

Sumber : sobatdiabet.org


Layanan Publik - Instansi