ASPATINDO - asosiasi pabrikan tower indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Maksud Dan Tujuan

Maksud

ASPATINDO adalah wadah Perusahaan Nasional menjalankan usaha jasa fabrikasi tower khusus dibidang bangunan tower baik tower telekomunikasi maupun tower transmisi dan berpengalaman dalam penyelesaian proyek-proyek baik yang dilaksanakan di Indonesia maupun diluar negeri, yang berorientasi pada persaingan di arena pasar nasional & international, dengan maksud :

  1. Mewujudkan struktur usaha yang kokoh, andal, berdayasaing tinggi, dan hasil pekerjaan fabrikasi yang berkualitas.
  2. Menghimpun para Pengusaha Nasional dibidang jasa fabrikasi tower didalam satu wadah organisasi
  3. Membina dan mengembangkan kemampuan, kegiatan, dan kepentingan para pengusaha nasional dibidang jasa fabrikasi tower dalam kedudukannya sebagai pelaku-pelaku ekonomi nasional agar dapat berkompetisi secara sehat dan berkembang menjadi perusahaan yang kuat.
  4. Berperan dalam Pembangunan Nasional yang berorientasi pasar international.
  5. Membantu Pemerintah dalam mewujudkan tertib pembangunan, baik peraturan maupun pelaksanaannya, serta meningkatkan kepatuhan pada ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.

Tujuan

ASPATINDO didirikan dengan tujuan:

  1. Ikut mengusahakan dan mengembangkan terciptanya iklim kerja dan usaha yang lebih baik bagi para anggota yang memungkinkan keikutsertaan yang seluas-luasnya dalam Pembangunan Nasional yang berskala pasar Internasional.
  2. Mengadakan kerjasama dengan lembaga-lembaga dibidang teknologi dan manajemen pembangunan, baik di dalam maupun diluar negeri.
  3. Membina hubungan yang baik dan serasi dengan masyarakat pemberi tugas khususnya dan instansi-instansi pemerintah pada umumnya.
  4. Memupuk para anggoatanya agar berkepribadian dan berbudi luhur dengan mentaati kode etik bisnis dan profesi serta meningkatkan rasa tanggung jawab didalam menjalankan profesinya.
  5. Melakukan penelitian dan pengembangan serta memberikan penyuluhan, bimbingan, bantuan, memperjuangkan dan perlindungan para anggotanya.
  6. Mendorong terciptanya rasa kesetiakawanan sesama anggota agar dapat dihindari terjadinya persaingan kerja dan usaha yang tidak sehat, sehingga organisasinya benar-benar mampu menjadi wadah pemersatu bagi anggotanya.
  7. Menggalang dan menegakkan persatuan dan kesatuan anggota.
  8. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan.
  9. Mengusulkan & ikut menetapkan sertifikasi / standardisasi dalam sistem fabrikasi dan produk tower dengan berorientasi pada ISO standard dan dapat ditetapkan secara nasional oleh pemerintah dalam SNI standard.

Fungsi Peranan

GARIS-GARIS BESAR HALUAN ORGANISASI

  • Dalam rangka menghadapi pasar global maka harus ada harmonisasi antara NSPM (Norma Standar Pedoman Manual) Nasional dengan NSPM Internasional.
  • Dalam rangka menghadapi pasar global perlu diciptakan tenaga-tenaga ahli Indonesia yang bertaraf internasional.
  • Menyediakan data/informasi/buku mengenai desain, material dan konstruksi besi baja secara cepat dan akurat.
  • Untuk mencapai efisiensi dalam konstruksi tower diperlukan kemitraan yang sinergis antar penyedia jasa, produsen dan pengguna jasa.
  • Untuk dapat bersaing dengan produk dan jasa luar negeri diperlukan kegiatan penelitian dan pengembangan yang terencana dan berkesinambungan.
  • Ketentuan dalam Undang-Undang Jasa Konstruksi yang memberikan peran serta yang besar pada masyarakat, agar hasil rancang bangun dapat selalu mengikuti perkembangan teknologi.
  • Indonesia masih memiliki potensi pasar dan pengembangan dibidang infrastruktur khususnya dibidang pengadaan tower telekomunikasi dan tower transmisi.

 

Sumber: aspatindo.com


Layanan - ASPATINDO - asosiasi pabrikan tower indonesia

Layanan Publik - Instansi