Komunitas Memberi

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Latar Belakang

Komunitas Memberi adalah sebuah komunitas yang diinisiasi para anak negeRI yang peduli terhadap perkembangan merek lokal Indonesia khususnya di lingkungan usaha kecil-menengah (UKM) dan industri kreatif. Inisiatif ini dilandasi oleh kepedulian untuk membangun merek-merek lokal tangguh di sektor UKM/industri kreatif dalam berkompetisi di pasar global. Harus diingat, tahun 2015 kita sudah memasuki Masyarakat Ekonomi ASEAN yang bebas dan terbuka.

Spirit of Giving

Komunitas ini sekaligus berkeinginan mulia untuk menumbuh-suburkan semangat dan budaya memberi (“spirit of giving” dan “giving culture”) di kalangan anak negeRI, sebuah semangat dan budaya yang kami yakini akan membawa Indonesia pada kondisi yang lebih baik. Spirit of giving ini diterjemahkan dalam bentuk kontribusi bukan dalam bentuk finansial atau fasilitas, tapi dalam bentuk inspirasi (inspirations/ideas),pengetahuan (knowledge), dan ketrampilan (skill).

Inisiatif ini berupaya untuk menggalang kontribusi dari para profesional yang bekerja di berbagai perusahaan (baik perusahaan nasional maupun asing) untuk berkontribusi menyumbangkan inspirasi, pengetahuan, dan ketrampilan yang mereka miliki kepada para pelaku UKM/industri kreatif dari seluruh pelosok negeRI. Para profesional yang berpartisipasi dalam inisiatif ini bisa berasal dari berbagai jenjang di dalam organisasi mulai dari: supervisor, manajer, kepala divisi, direktur, bahkan direktur utama. Kontribusi tersebut dalam bentuk mengajar dan memberikan coaching kepada para pelaku UKM/industri kreatif.

Karena para profesional tersebut umumnya berasal dari besar, maka dengan inisiatif ini diharapkan akan terjadi proses transfer pengetahuan dan keahlian dari perusahaan-perusahaan besar ke UKM/industri kreatif. Proses transfer pengetahuan/keahlian ini sangat strategis agar UKM/industri kreatif bisa naik kelas menjadi pemain berkapabilitas dan berdaya saing nasional, regional, bahkan global.

Kenapa Profesional?

Para profesional yang bekerja di perusahaan di jenjang apapun mereka (dari supervisor hingga direktur utama) memiliki kemampuan, ketrampilan, dan pengalaman yang sangat baik di bidang pengelolaan perusahaan/organisasi. Mereka memiliki kemampuan dan pengalaman di bidang manajemen operasi, pemasaran, keuangan/akunting, SDM, kepemimpinan, penjualan, pelayanan pelanggan, hukum/legal, dan sebagainya.

Dengan pengetahuan dan pengalaman yang sangat solid tersebut para profesional di perusahaan merupakan aset yang sangat berharga bagi kemajuan Indonesia. Dan aset berharga itu termanfaatkan jika pengetahuan dan pengalaman mereka bisa dibagikan kepada pihak lain. Itu sebabnya melalui inisiatif ini kami mengetuk hati mereka untuk berbagi mengkontribusikan pengetahuan dan pengalaman tersebut kepada pihak yang membutuhkan yaitu para pelaku UKM/industri kreatif.

Kenapa UKM?

UKM/industri kreatif adalah sektor industri yang umumnya dikelola dengan sumber daya (modal, manajemen, SDM, teknologi) yang terbatas dan pola pengelolaan yang tradisional dan tidak tersistem dengan baik. Skala usaha mereka mulai dari skala rumahan dengan satu-dua karyawan hingga perusahaan menengah dengan ratusan jumlah karyawan. Omset mereka dimulai dari belasan/puluhan juta hingga beberapa miliar rupiah pertahunnya.

Dengan sumber daya terbatas dan pola pengelolaan tradisional, mereka membutuhkan suntikan pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman yang didapat dari perusahaan-perusahaan besar yang lebih maju. Di sinilah para profesional di perusahaan-perusahaan besar yang lebih maju tersebut mengulurkan tangannya untuk meningkatkan kemampuan pelaku UKM/industri kreatif. Kami bermimpi akan tumbuh jutaan pengusaha UKM/industri kreatif yang akan membawa Indonesia ke era keemasan.

Visi dan Misi

VISI

Mewujudkan merek (brand) usaha kecil menengah (UKM) dan industri kreatif indonesia yang berdaya saing global

MISI

Pertama:  Membangun kekuatan merek (building brand) di sektor UKM dan industri kreatif melalui penyebaran inspirasi, pengetahuan dan keterampilan.
 
Kedua   : Menumbuh-suburkan semangat memberi (spirit of giving), di kalangan profesional untuk memajukan brand UKM Indonesia.
 
Ketiga   :  Menciptakan keterkaitan (linkage) antara perusahaan besar dengan sektor UKM dan industri kreatif dalam membangun brand.

 

Sumber : memberi.org