IAKI - Ikatan Ahli Kepabeanan Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Tentang Kami

Perkembangan jumlah Ahli Kepabeanan di Indonesia dewasa ini semakin bertambah populasinya, terbukti dengan semakin banyaknya peserta ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) secara periodik, yang kemudian diikuti dengan semakin bertambahnya lulusannya .Fakta semakin bertambahnya kuantitas Ahli Kepabeanan ini, kemudian menimbulkan  perlunya keberadaan suatu  organisasi  profesi Ahli Kepabeanan  yang dimasa depan akan mewadahi semua aspirasi para anggota .

Kondisi ini mendorong beberapa orang yang mempunyai kualifikasi Ahli Kepabeanan mendirikan suatu lembaga profesi yang dinamakan Ikatan Ahli Kepabeanan Indonesia (selanjutnya disingkat IAKI). Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga kemudian disusun dan disahkan didepan Notaris Betsail Untajaya, SH pada tanggal 28 Nopember 2002 . Susunan pengurus terdiri dari 8 (delapan) orang mantan Pejabat Bea dan Cukai dan 9 (sembilan) orang dari swasta yang mempunyai kualifikasi sebagai Ahli Kepabean , yang diketuai oleh sdr. FX Soewito Marsam, SH.

Kegiatan yang dilakukan selama ini adalah :

  1. Perekrutan Anggota Baru , yang dewasa ini sudah tercatat  sekitar 700 (tujuh ratus) anggota .
  2. Telah beberapa kali mengadakan seminar, diskusi dan pelatihan di bidang Kepabeanan.
  3. Telah memberitahukan eksistensinya dengan melakukan Audiensi didepan Rapat Kerja DJBC dan Kepala BPPK , pada tahun 2003. Terbukti setiap ada kegiatan sosialisasi di DJBC , IAKI selalu diundang.
  4. IAKI juga telah diakui keberadaanya oleh Kamar Dagang Indonesia (KADIN).

Visi Dan Misi

Visi :

Organisasi terdepan dalam perubahan serta pengembangan pengetahuan kepabeanan dan praktek dalam seluruh segmen profesi kepabeanan.

Misi :

Menyediakan wadah untuk meningkatkan secara berkelanjutan pengembangan pengetahuan dan praktek kepabeanan dalam rangka menciptakan iklim berusaha yang sehat dan jujur .

 

Sumber : iaki.or.id


Layanan - IAKI - Ikatan Ahli Kepabeanan Indonesia

Layanan Publik - Instansi