Indonesia Berkibar

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Indonesia Berkibar



Situasi Pendidikan Kita Saat Ini

Banyak masalah pendidikan masih dalam tahap penyelesaian dan beberapa masih belum ditangani dengan tepat. Masalah-masalah ini begitu luas dan berkisar dari akses siswa ke sekolah yang tidak memadai, terutama di area di luar perkotaan, sampai kualitas guru yang tidak merata dan rendahnya komitmen untuk mengajar. Masalah juga mencakup kesenjangan kualitas sekolah, lemahnya manajemen sekolah, dan terbatasnya infrastruktur layak yang memastikan kualitas lulusan sekolah.

Lebih dari 1,5 juta remaja tidak akan atau bisa menyelesaikan pendidikan; sementara sekitar 13% keadaan kelas di sekolah-sekolah berada dalam situasi memprihatinkan bahkan rusak; lebih dari 54% guru di Indonesia tidak memiliki kualifikasi yang cukup.

Indonesia harus sepenuhnya menerima fakta bahwa pendidikan adalah alat yang paling efektif yang tersedia untuk memajukan masyarakat dan perekonomian. Untuk menjadi kompetitif sebagai negara, baik sektor swasta maupun pemerintah, semuanya harus berpartisipasi dan bekerjasama memperbaiki kualitas sekolah.

Sebuah Solusi

Dengan bekerjasama dan membentuk Kemitraan Pemerintah dan Swasta, kita akan mendapatkan kapasitas dan sumber daya untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia memperbaiki sekolah demi sekolah. Gerakan Indonesia Berkibar adalah sebuah gerakan pendidikan yang mencakup tiga tahapan yang harus dicanangkan dalam prakarsa ini.

Gerakan Indonesia Berkibar "National Education Movement"

Kami berharap dapat membuat gerakan pendidikan yang dinamakan Gerakan Indonesia Berkibar (Bersama Kita Belajar). Gerakan ini akan menetapkan tolak ukur bagi kualitas pendidikan yang kita butuhkan untuk bersaing di pasar global.

Gerakan Indonesia Berkibar adalah sebuah gerakan pendidikan yang secara terus-menerus menyokong program pemerintah. Gerakan ini dirancang untuk perbaikan kualitas mengajar dan belajar melalui pelatihan dan pendampingan lanjutan kepada para pendidik.

Model kerjasama yang melibatkan berbagai pihak seperti pemerintah, korporasi, media, komunitas dan seluruh masyarakat. Dengan menggunakan strategi dan teknik peningkatan kualitas sekolah yang telah terbukti, Gerakan Indonesia Berkibar bersifat mendukung program-program pemerintah. Gerakan ini dirancang untuk meningkatkan kualitas mengajar dan belajar melalui pelatihan dan pendampingan untuk para pendidik dan pengelola sekolah.

Dengan kerjasama antar pemerintah, orang tua, sektor industri dan filantropi serta kemitraan pemerintah-swasta, Gerakan Indonesia Berkibar dapat memberikan kekuatan kepada sekolah, siswa, dan negara kita untuk mencapai aspirasi kita bersama.

Peranan Masyarakat Dalam Gerakan Indonesia Berkibar

Gerakan indonesia berkibar adalah wadah kerjasama yang mengusung kemitraan pemerintah swasta, atau public private partnership. Model kemitraan pemerintah swasta dapat mendorong munculnya program yang mendapatkan hasil dari sumber non-tradisional dan pendekatan yang berbasis pasar yang berkesinambungan. Dengan begitu, Gerakan Indonesia Berkibar mengikutsertakan segenap lapisan masyarakat yang peduli pendidikan untuk ambil bagian dalam gerakan nasional ini, yaitu:

Pendukung

Pendukung adalah mereka yang memiliki fungsi legislatif. Mereka memastikan aspirasi para pihak yang peduli akan perbaikan pendidikan tertampung dalam menjalankan fungsi legalisasi.
Kementrian Pendidikan, Kamar Dagang, Pemerintah Daerah

Mitra

Mitra adalah perusahaan dan institusi yang mengalokasikan dana CSR untuk menjalankan program tanggung jawab sosial berupa perbaikan kualitas pendidikan Indonesia.
Badan Usaha Milik Negara, Perusahaan Swasta, PNB, Lembaga Bantuan

Fasilitator

Fasilitator adalah mereka yang memiliki program perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia. Fasilitator menawarkan program yang dapat membawa pendidikan Indonesia melahirkan calon - calon pemimpin masa depan yang dapat menjawab tantangan global.
Duta dan Relawan, Putera Sampoerna Foundation, Yayasan dan LSM

Influencer

Pemberi pengaruh atau influencer memiliki fungsi meningkatkan pemahaman pentingnya pendidikan melalui penyebaran informasi untuk memperbaiki kualitas guru dan sekolah di Indonesia demi membangun bangsa yang lebih kokoh.
Media, Industri Hiburan, Pengusung Pendidikan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Blogger, Orangtua, Siswa, Kepala Sekolah, Guru, Institusi Sekolah

 

Sumber: indonesiaberkibar.org