Blood For Life Indonesia

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Blood For Life Indonesia

Blood For Life Indonesia (BFL) merupakan sebuah komunitas, yang dengan sukarela membantu orang lain yang membutuhkan darah. Menjadi jaringan penghubung antara orang yang membutuhkan darah tadi, dengan orang yang bisa dan mau mendonorkan darahnya. Didirikan oleh Valencia M. Randa atau yang lebih dikenal melalui akun twitternya @JustSilly, pada tanggal 19 Maret 2009.

Awal movement Blood For Life Indonesia dimulai dari Mailing List (milis), dengan jumlah 44 orang anggota dari pembaca blog pendirinya. Dan sekarang menggunakan social media Facebook dan Twitter @Blood4LifeID yang followersnya mencapai 50.000 lebih Followers.

Fungsi Blood For Life Indonesia

Blood For Life Indonesia didirikan untuk menutupi kekosongan Palang Merah Indonesia (PMI). Ketika stok darah PMI yang di butuhkan pasien itu kosong, kerabat pasien akan diminta untuk mencari orang yang darahnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Untuk membantu pencarian itu, kerabat pasien dapat meminta bantuan kepada BFL.

Blood For Life Indonesia pernah mendapatkan penghargaan Strong Movement in Blood Donation, by US Embassy di tahun 2011, dan juga penghargaan Web HERO by Google Chrome Singapore di tahun yang sama. Pernah juga diundang sebagai bintang tamu diacara Kick Andy bersama Ketua Palang Merah Indonesia, bapak Jusup Kalla.

Yayasan (Sahabat) Valencia Peduli

Pada tanggal 11 Desember 2013 lalu, telah dibentuk pengurus kecil untuk melegalkan gerakan @Blood4LifeID ini dalam bentuk Yayasan. Yayasan ini didirikan untuk memayungi pergerakan-pergerakan sosial yang dilakukan oleh pendiri Blood For Life Indonesia. Seperti Blood For Life Indonesia, BFL Actions, Blooderhood, Saudarah Indonesia, dan juga Rumah Harapan yang membantu pendidikan anak anak jalanan.

Blood For Life Indonesia, BFL Actions, Blooderhood, dan Saudarah Indonesia merupakan pergerakan yang saling terintegrasi untuk mempermudah anggota dan orang lain bisa saling membantu. Terutama membantu dalam hal pemenuhan kebutuhan darah dan pemenuhan biaya penyembuhan.

 

Sumber: blood4lifeid.com