JGM - Jakarta Green Monster

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Jakarta green monster merupakan komunitas relawan peduli lingkungan yang pada awalnya tertarik untuk melindungi Suaka Margasatwa Muara Angke. Ancaman terhadap habitat basah yang merupakan satu-satunya lahan basah alami di dalam  perkotaan makin meningkat seiring dengan kemajuan pembangunan dan bertambahnya penduduk. Sampah yang meluap dari sungai Angke merupakan ancaman utama karena menghambat pertumbuhan mangrove dan mematikan sehingga akhirnya satwa-satwa endemik menjadi punah.

Profil Jakarta Green Monster

Jakarta Rakasa Hijau (JGM) adalah sebuah organisasi berbasis komunitas yang tumbuh yang bertujuan untuk melestarikan habitat pesisir perkotaan Jakarta dengan mendorong pemuda setempat untuk mengambil tindakan praktis yang mengurangi limbah dan mengembalikan keanekaragaman hayati. Lahan basah Jakarta sangat penting dalam regulasi air untuk menghindari banjir dan kekeringan serta mendukung satwa liar. JGM diciptakan pada tahun 2005 untuk mengatasi degradasi lahan basah Jakarta oleh masyarakat yang tidak menyadari pentingnya lahan basah untuk keberlanjutan. Sekitar 300 relawan aktif, sebagian besar pemuda dan mahasiswa, mendukung kerja JGM, terlibat dalam kegiatan-kegiatan berikut di sekitar kawasan konservasi lahan basah Jakarta: 1) Konservasi dan rehabilitasi lahan basah oleh penanaman bakau atau sampah kliring-up untuk membuat ruang hijau dan peluang ekowisata 2 ) Mendidik masyarakat lokal tentang pentingnya lahan basah yang sehat, biasanya terlibat dengan sekolah-sekolah dan anak-anak lokal 3) Menciptakan skema pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang inovatif, seperti polusi plastik daur ulang menjadi produk sederhana untuk dijual kembali atau mendirikan forum lingkungan untuk mengelola pengelolaan limbah 4) Melakukan kampanye kesadaran masyarakat kota-lebar untuk mengurangi jumlah sampah dan polutan dibuang ke saluran air yang memberi makan lahan basah Jakarta Akta Notaris: No.32 Tahun 2006.

Tujuan & Manfaat Bank Sampah

Tujuan Bank sampah

Tujuan didirikannya bank sampah, untuk memecah permasalahan sampah yang sampai saat ini belum juga bisa teratasi dengan baik. membiasakan warga agar tidak membuang sampah sembarangan, mengiming-imingi warga agar mau memilah sampah sehingga lingkungannya bersih, Memaksimalkan pemanfaatan barang bekas, menanamkan pemahaman pada masyarakat bahwa barang bekas bisa berguna dan mengurangi jumlah barang bekas yang terbuang percuma.

Manfaat Bank sampah (pada lingkungan, masyarakat)

Manfaat Bank Sampah adalah mengurangi jumlah sampah di lingkungan masyarakat, menambah penghasilan bagi masyarakat, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat dan memupuk kesadaran diri masyarakat akan pentingnya menjaga dan menghargai lingkungan hidup.

Bersama Jakarta Green Monster (JGM) dengan TIM CSR dari berbagai perusahaan maupun Pemerintahan telah mendirikan beberapa Bank Sampah. Bank Sampah yang telah didirikan antara lain adalah:

  1. Bank sampah Suarga (Sumber Arta Keluarga) Jalan Pengadegan Selatan RT 06/04 Kelurahan Pengadegan
  2. Bank sampah Sumber Rezeki Jalan Pengadegan Timur RT 01/01Kelurahan Pengadegan.
  3. Bank Sampah BAHAGIA, diwilayah RW 03 Kelurahan Kelapa Gading Barat.
  4. Bank Sampah GEMADARLING (Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan) di wilayah Kebon Baru
  5. Bank Sampah di wilayah Pejaten Timur.
  6. Bank Sampah di wilayah Kelurahan Menteng
  7. Bank Sampah di wilayah Kapuk Muara.

 

Sumber: jakartagreenmonster.blogspot.co.id


Layanan - JGM - Jakarta Green Monster

Layanan Publik - Instansi