BPTP Riau - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Provinsi Riau masa pembangunan berjangka atau Pelita belum memiliki institusi atau unit kerja/instalasi dibawah Eselon II Kementerian Pertanian, yang mempunyai tugas fungsi menyampaikan dan menyebarkan informasi hasill-hasil penelitian di bidang pertanian saat itu baru ada Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Pertanian. Meskipun keberadaan Balai Informasi Pertanian (BIP) Sumatera Barat yang merupakan instalasi Badan Pendidikan Latihan dan Penyuluhan (Badan Diklatluh) Kementerian Pertanian dengan wilayah kerja meliputi tiga Provinsi yaitu Sumatera Barat, Riau dan Jambi banyak membantu dalam penyebaran berbagai bentuk media informasi kepada Penyuluh dan masyarakat Tani di Provinsi Riau.

Pada tahun anggaran 1985 atau pertengahan Pelita IV barulah ada Proyek Informasi Pertanian (PIP) yang berkedudukan di Kanwil Kementan Riau sampai tahun 1988, Proyek Informasi Pertanian ( PIP ) berubah menjadi Balai Informasi Pertanian Riau yang diresmikan pada tanggal 20 Februari tahun 1988 oleh Menteri Pertanian Ahmad Affandi dan telah memiliki gedung kantor sendiri di Km.10 Padang Marpoyan Pekanbaru.

Dalam perjalanan waktu keberadaan Balai Informasi Pertanian Riau sampai tahun 1988 bulan Mei 1994 kembali mengalami perubahan nama dan tugas fungsi yang berbeda dari Balai Informasi Pertanian menjadi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No.798/KPTS/OT.210/12/1994, dibentuklah Balai Pengkajian Teknologi Pertaian ( BPTP ) Padang Marpoyan.

BPTP Padang Marpoyan dibentuk setelah Balai Informasi Pertaian ( BIP ) Riau diserahkan dari Badan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) Pertanian ke Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian.

Pada tahap awal pembentukan BPTP Padang Marpoyan merupakan gabungan dari BIP Riau, BIP Jambi dan Sub Balai Penelitian Perikanan Pantai Tanjung Pinang. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 350/KPTS/OT.210/6/2001, tanggal 14 Juni 2001, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Padang Marpoyan berubah menjadi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau dengan satu Laboratorium Diseminasi yang berada di Tanjung Pinang.

Setiap perubahan yang terjadi di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau mengarah kepada penyempurnaan tugas dan fungsi sebagai institusi vertikal Badan Litbang Departemen Pertanian yang ada di Provinsi Riau, kronologis sejarah nama instansi sehingga menjadi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau adalah sebagai berikut:

TAHUN

NAMA INSTANSI

PIMPINAN

1984 - 1988

Proyek Informasi Pertanian Riau

Ir. Amirsyah Hutasuhut M.Ed

1988 - 1989

Balai Informasi Pertanian Riau

Ir. Amirsyah Hutasuhut M.Ed

1989 - 1994

Balai Informasi Pertanian Riau

Ir. Sumardi Suriatna M.Ed

1994 - 1996

Balai pengkajian Teknologi Pertanian Padang Marpoyan

Ir. Arman Moenek M.Ed.

1996 - 2001

Balai pengkajian Teknologi Pertanian Padang Marpoyan

Ir. Sumardi Suriatna M.Ed

2001 - 2003

Balai pengkajian Teknologi Pertanian Riau

Ir. Sumardi Suriatna M.Ed

2003 - 2005

Balai pengkajian Teknologi Pertanian Riau

Ir. Amiruddin Syam, MS

2005 - 2006

Balai pengkajian Teknologi Pertanian Riau

Dr. Ir. Decianto Soetopo MS

2006 - 2007

Balai pengkajian Teknologi Pertanian Riau

Dr. Ir. A. Husni Malian MS

2007 - 2012

Balai pengkajian Teknologi Pertanian Riau

Dr. Ir. Ali Jamil, MP

2012 - sekarang

Balai pengkajian Teknologi Pertanian Riau

Dr. Ir. Masganti, MS


Visi Misi


Visi

Menjadi lembaga penelitian dan pengkajian inovasi teknologi pertanian tepat guna spesifik lokasi terkemuka di Provinsi Riau yang bertaraf nasional

Misi

  1. Menghasilkan dan mendiseminasikan inovasi pertanian spesifik lokasi sesuai dengan kebutuhan daerah.
  2. Mengembangkan jejaring kerjasama di daerah dan nasional dalam rangka peningkatan kapasitas pengkajian, pendayagunaan hasil pengkajian dan pengembangan  inovasi pertanian.
  3. Melaksanakan pengkajian sesuai norma dan standar metodologi pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian.
  4. Mengembangkan SDM yang profesional dan mandiri.

 

Sumber : riau.litbang.pertanian.go.id


Layanan - BPTP Riau - Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Riau

Layanan Publik - Instansi