BPTP Babel - Balai Pengkajian teknologi Pertanian Kepulauan Bangka Belitung

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Sejalan dengan perkembangan penelitian saat itu, pada tahun 1980 ditingkatkan  menjadi Sub Balai Penelitian Tanaman Industri. Pada tahun 1985 berubah nama menjadi Kebun Percobaan Petaling Bangka dan 9 tahun  kemudian yaitu pada tahun 1994 berubah menjadi Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian (IPPTP) Petaling Bangka yang kemudian menjadi Kebun Percobaan Petaling dibawah Balai Pengkajian dan Pengembangan Teknologi  Pertanian (BP2TP) Bogor pada tahun 2001.

Proses pembangunan pertanian yang berkembang cepat, dan  perubahan  status Kepulauan  Bangka Belitung menjadi provinsi, diikuti Badan Litbang  Pertanian dengan melakukan penyesuaian organisasi yang ada di daerah. Berdasarkan SK Menteri Pertanian  Nomor  633/KPTS/ OT.140/ 12/ 2003 tanggal 30 Desember 2003,  Kebun Percobaan Petaling ditingkatkan  statusnya  menjadi Esselon III A dengan nama “Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kep Bangka Belitung”.

Visi dan misi

Visi

“Pada tahun 2014 menjadi lembaga pengkajian dan pengembangan inovasi pertanian tepat guna spesifik lokasi yang unggul di tingkat nasional dan Asia Tenggara”

Misi

  1. Melaksanakan penelitian dan pengkajian dan pengembangan teknologi pertanian strategis
  2. Menghasilkan, menyediakan, dan menyebarluaskan inovasi teknologi dan berbagai alternatif pilihan bahan kebijakan pertanian spesifik lokasi
  3. Menjadi pusat informasi dan rujukan inovasi teknologi pertanian,
  4. Menjalin kemitraan dengan stakeholder dalam upaya memberdayakan masyarakat.

 

Sumber : babel.litbang.pertanian.go.id


Layanan - BPTP Babel - Balai Pengkajian teknologi Pertanian Kepulauan Bangka Belitung

Layanan Publik - Instansi