Akmil - Akademi Militer

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Akademi Militer (Akmil) adalah sekolah pendidikan TNI Angkatan Darat di Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Akademi Militer mencetak Perwira TNI Angkatan Darat. Secara organisasi, Akademi Militer berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Darat.

SEJARAH AKADEMI MILITER

Sejarah Akademi Militer (Akmil) bermula dari didirikannya Militaire Academie (MA) Yogyakarta pada tanggal 31 Oktober 1945, atas perintah Kepala Staf Umum Tentara Keamanan Rakyat, Letnan Jenderal TNI Oerip Soemohardjo. Pada tahun 1950, MA Yogyakarta setelah meluluskan dua angkatan, karena alasan tehnis, ditutup untuk sementara dan taruna angkatan ketiga menyelesaikan pendidikannya di KMA Breda, Nederland. Pada kurun waktu yang sama diberbagai tempat lain (Malang, Mojoangung, Salatiga, Tangerang, Palembang, Bukit Tinggi, Brastagi, Prapat) didirikan Sekolah Perwira Darurat untuk memenuhi kebutuhan TNI AD / ABRI pada waktu itu.

Pada tanggal 1 Januari 1951 di Bandung didirikan SPGi AD (Sekolah Perwira Genie Angkatan Darat), dan pada tanggal 23 September 1956 berubah menjadi ATEKAD (Akademi Teknik Angkatan Darat). Sementara itu pula pada tanggal 13 Januari 1951 didirikan pula P3AD (Pusat Pendidikan Perwira Angkatan Darat) di Bandung. Mengingat pada saat itu banyak sekolah perwira TNI AD, maka muncul gagasan dari pimpinan TNI AD untuk mendirikan suatu Akademi Militer, gagasan ini pertama kali dimunculkan pada sidang parlemen oleh Menteri Pertahanan pada tahun 1952. Setelah melalui berbagai proses, maka pada tanggal 11 Nopember 1957 pukul 11.00 Presiden RI Ir Soekarno selaku Panglima Tertinggi Angkatan Perang RI, meresmikan pembukaan kembali Akademi Militer Nasional yang berkedudukan di Magelang. Akademi Militer ini merupakan kelanjutan dari MA Yogyakarta dan taruna masukan tahun 1957 ini dinyatakan sebagai Taruna AMN angkatan ke-4.

Pada tahun 1961 Akademi Militer Nasional Magelang di integrasikan dengan ATEKAD Bandung dengan nama Akademi Militer Nasional dan berkedudukan di Magelang.

Mengingat pada saat itu masing-masing angkatan (AD, AL, AU dan Polri) memiliki Akademi, maka pada tanggal 16 Desember 1965 seluruh Akademi Angkatan (AMN, AAL, AAU dan AAK) diintegrasikan menjadi Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI). Sesuai dengan tuntutan tugas, maka pada tanggal 29 Januari 1967 Akabri di Magelang diresmikan menjadi Akabri Udarat, yang meliputi dua Akabri bagian di bawah satu pimpinan, yaitu Akabri Bagian Umum dan Akabri bagian Darat. Akabri Bagian Umum mendidik taruna TK-I selama satu tahun, termasuk Pendidikan Dasar Keprajuritan Chandradimuka, sedangkan Akabri bagian Darat mendidik taruna Akabri Bagian Darat mulai TK-II sampai dengan TK-IV. Pada tanggal 29 September 1979 Akabri Udarat berubah namanya menjadi Akabri Bagian Darat.

Dalam rangka reorganisasi di lingkungan ABRI, maka pada tanggal 14 Juni 1984 Akabri Bagian Darat berubah namanya menjadi Akmil (Akademi Militer).

Pada tanggal 1 April 1999 secara resmi Polri terpisah dari tiga angkatan lainnya, dan ABRI berubah menjadi TNI. Sejak itu pula Akademi Kepolisian terpisah dari AKABRI. Kemudian AKABRI berubah namanya menjadi Akademi TNI yang terdiri dari AKMIL, AAL, AAU.

Berdasarkan Perpang Nomor :Perpang/ 28/ V/ 2008 tanggal 12 Mei 2008 Pendidikan Dasar Keprajuritan Chandradimuka dan Integratif Akademi TNI pola 12 bulan langsung dibawah Mako Akademi TNI. Kemudian AKMIL menyelenggarakan pendidikan khusus Taruna Angkatan Darat tingkat II, III dan IV.

TUGAS POKOK AKADEMI MILITER

Sebagai Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabes TNI AD, yang berkedudukan langsung di bawah Kasad, Akademi Militer mempunyai tugas pokok untuk membentuk Taruna Akademi Militer menjadi Perwira TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit Saptamarga, pengetahuan dan keterampilan dasar golongan Perwira, berkualifikasi Akademis Program Diploma IV Pertahanan serta jasmani yang samapta.

VISI-MISI INSTITUSI DI AKADEMI MILITER

Visi :

”Menjadikan Akademi Militer sebagai Center of Excellence yang dapat mewujudkan hasil didik yang profesional dan dicintai rakyat”.

Misi :

» Mengoptimalkan kinerja organisasi melalui program pembinaan satuan dengan melaksanakan validasi organisasi, pengisian materiil, penataan pangkalan, melengkapi peranti lunak dan pemenuhan sarana prasarana pendidikan dan pembinaan latihan.
» Meningkatkan peran 10 komponen pendidikan.
» Meningkatkan kualitas hasil didik (Taruna) agar menjadi Perwira Profesional sebagai pemimpin masa depan dan dicintai rakyat.
» Meningkatkan peran dan fungsi pengkajian dan pengembangan.
» Melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pembinaan teritorial terbatas di sekitar pangkalan dan daerah latihan.

VISI-MISI PROGRAM-PROGRAM STUDI DI AKADEMI MILITER

VISI-MISI PRODI MANAJEMEN PERTAHANAN

Visi :

“Menyelenggarakan Program Studi Manajemen Pertahanan sebagai Center of Excellence dapat mewujudkan Perwira lulusan Akademi Militer yang profesional di bidang Manajemen Pertahanan maupun menguasai ilmu kemiliteran serta dicintai dan mencintai rakyat”.

Misi :

» Melaksanakan Pendidikan Tinggi Program Studi Manajemen Pertahanan berwawasan global dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang profesional.
» Meningkatkan pencapaian standardisasi komponen pendidikan di bidang studi Manajemen Pertahanan.
» Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik/dosen Manajemen Pertahanan agar mempunyai knowledge dan skill, psikomotorik serta memiliki nilai integritas moral dan etika untuk memajukan program pendidikan.
» Melaksanakan penelitian untuk menopang kemajuan pendidikan di bidang ilmu  Manajemen Pertahanan.
» Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui pembinaan teritorial agar dicintai dan mencintai rakyat.
» Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk menunjang proses belajar mengajar.
» Menyiapkan Kurikulum, Taruna Akademi Militer, Fasilitas, Sarana dan Prasarana Pendidikan serta  Lingkungan Pendidikan yang baik.

VISI-MISI PRODI ADMINISTRASI  PERTAHANAN

Visi :

“Menyelenggarakan Program Studi Administrasi Pertahanan sebagai Center of Excellence dapat mewujudkan Perwira lulusan Akademi Militer yang profesional di bidang Administrasi Pertahanan dan Administrasi Publik maupun menguasai ilmu kemiliteran serta dicintai dan mencintai rakyat”.

Misi :

» Melaksanakan Pendidikan Tinggi Program Studi Administrasi  Pertahanan berwawasan global dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang profesional .
» Meningkatkan pencapaian standardisasi komponen pendidikan di bidang studi Administrasi  Pertahanan.
» Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik/dosen Administrasi Pertahanan agar mempunyai  knowledge dan skill, psikomotorik serta memiliki nilai integritas moral dan etika untuk memajukan program pendidikan.
» Melaksanakan penelitian untuk menopang kemajuan pendidikan dibidang ilmu Administrasi Pertahanan dan Administrasi Publik.
» Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui pembinaan teritorial agar dicintai dan mencintai rakyat.
» Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk menunjang proses belajar mengajar.
» Menyiapkan Kurikulum, Taruna Akademi Militer, Fasilitas, Sarana dan Prasarana Pendidikan serta Lingkungan Pendidikan yang baik.

VISI-MISI PRODI TEKNIK MESIN PERTAHANAN

Visi :

“Menyelenggarakan Program Studi Teknik Mesin Pertahanan sebagai Center of Excellence dapat mewujudkan Perwira lulusan Akademi Militer yang profesional di bidang tugasnya, memiliki keunggulan di bidang Teknik Mesin Pertahanan, beretika, bermoral sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dicintai dan mencintai rakyat”.

Misi :

» Melaksanakan Pendidikan Tinggi Program Studi Teknik Mesin Pertahanan yang berkualitas, berwawasan global dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang profesional.
» Meningkatkan pencapaian standardisasi komponen pendidikan di bidang studi Teknik Mesin Pertahanan.
» Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik/dosen Teknik Mesin Pertahanan agar mempunyai knowledge dan skill, psikomotorik serta memiliki nilai integritas moral dan etika untuk memajukan program pendidikan.
» Melaksanakan penelitian untuk menopang  kemajuan pendidikan di bidang ilmu Teknologi Mesin Pertahanan.
» Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui pembinaan teritorial agar dicintai dan mencintai rakyat.
» Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk menunjang proses belajar mengajar.
» Menyiapkan Kurikulum, Taruna Akademi Militer, Fasilitas, Sarana dan Prasarana Pendidikan serta Lingkungan Pendidikan yang baik.

VISI-MISI PRODI TEKNIK ELEKTRO PERTAHANAN

Visi :

“Menyelenggarakan Program Studi Teknik Elektro Pertahanan sebagai Center of Excellence dapat mewujudkan Perwira lulusan Akademi Militer yang profesional di bidang  tugasnya, memiliki keunggulan  di bidang Teknik Elektro Pertahanan yang kompetitif, handal maupun mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi serta dicintai dan mencintai rakyat”.

Misi :

» Melaksanakan Pendidikan Tinggi Program Studi Elektro Pertahanan yang berkualitas, berwawasan global dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang profesional.
» Meningkatkan pencapaian standardisasi  komponen pendidikan di bidang studi Elektro Pertahanan.
» Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik/dosen Teknik Elektro Pertahanan agar mempunyai knowledge dan skill, psikomotorik serta memiliki nilai integritas moral dan etika untuk memajukan program pendidikan.
» Melaksanakan penelitian untuk menopang  kemajuan pendidikan di bidang ilmu Teknologi Elektro Pertahanan.
» Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui pembinaan teritorial agar dicintai dan mencintai rakyat.
» Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha dan  masyarakat untuk menunjang proses belajar mengajar.
» Menyiapkan Kurikulum, Taruna Akademi Militer, Fasilitas, Sarana dan Prasarana Pendidikan serta Lingkungan Pendidikan yang baik.

VISI-MISI PRODI TEKNIK SIPIL PERTAHANAN

Visi :

“Menyelenggarakan Program Studi Teknik Sipil Pertahanan sebagai Center of Excellence yang dapat mewujudkan hasil didik Perwira lulusan Akademi Militer yang profesional di bidang Teknik Sipil Pertahanan dan memiliki kompetensi, mampu mengembangkan diri dalam perkembangan ilmu dan teknologi di bidang Teknik Sipil maupun teknik kemiliteran serta dicintai dan mencintai rakyat”.

Misi :

» Melaksanakan pendidikan tinggi dan pengajaran di bidang Teknik Sipil Pertahanan untuk menghasilkan hasil didik Perwira lulusan Akademi Militer yang profesional serta mampu berorientasi pada perkembangan ilmu Teknik Sipil Pertahanan secara terpadu.
» Meningkatkan pencapaian standardisasi komponen pendidikan di bidang studi Teknik Sipil Pertahanan.
» Meningkatkan kemampuan tenaga pendidik/dosen Teknik Sipil Pertahanan agar mempunyai knowledge dan skill, psikomotorik serta memiliki nilai integritas moral dan etika untuk mewujudkan program pendidikan.
» Meningkatkan penelitian untuk menopang kemajuan pendidikan di bidang ilmu Teknik Sipil Pertahanan.
» Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui pembinaan teritorial agar dicintai dan mencintai rakyat.
» Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha dan masyarakat untuk menunjang proses belajar mengajar program pendidikan Teknik Sipil Pertahanan.
» Menyiapkan Kurikulum, Taruna Akademi Militer, Fasilitas, Sarana dan Prasarana Pendidikan serta Lingkungan Pendidikan yang baik.

 

Sumber: akmil.ac.id