Akpol - Akademi Kepolisian

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010 Akpol bertujuan menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi. Lama pendidikan 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Dua Polisi. Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan.

PROFIL AKADEMI KEPOLISIAN

PENGANTAR

Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol. Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Satuan Organisasi Pada Tingkat Mabes Polri, tugas pokok Akpol adalah bertugas menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi.

TUJUAN

Akpol menyelenggarakan pendidikan pembentukan warga sipil menjadi Perwira Pertama Polri yang memiliki kemampuan (pengetahuan, keterampilan teknis operasional Kepolisian dan sikap) serta kemampuan manajerial yang diperlukan sebagai anggota Polri abdi Negara dan masyarakat Profesional, Modern, dan Bermoral, memiliki watak yang menjunjung tinggi kebenaran, keadilan dan kejujuran yang berpedoman kepada moral dan kode etik Kepolisian, profesional dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian, mampu memangku jabatan sebagai unsur pelaksana pimpinan lini terdepan yang memiliki wawasan akademik serta menghormati dan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

PROFIL LULUSAN

Siap bertugas sebagai First Line Supervisor yang memiliki :

1) Kemampuan untuk melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakkan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan menjunjung tinggi hak asasi manusia.

2) Kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengendalikan dan mengkoordinasikan tugas pokok Kepoli sian dalam rangka menangkal timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban serta penyakit masyarakat dengan menggunakan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang relevan dan teknologi informasi.

3) Kemampuan mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya dalam rangka pelaksanaan tugas pokok Kepolisian yang didukung oleh kepribadian luhur, mental yang tangguh dan kesamaptaan yang prima.

PROGRAM PENDIDIKAN AKPOL

» Lama pendidikan 4 tahun dengan output : pangkat Inspektur Dua Polisi dan gelar Sarjana S1
» Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan

klik disini untuk lebih detail tentang Profil Akademi Kepolisian

 

Sumber: penerimaan.polri.go.id