Info Pengaduan Anggota DPR

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

 
Fungsi Representasi

Pasal 71 huruf s dan pasal 79 huruf j Undang-undang No. 27 tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD menegaskan bahwa ketiga fungsi DPR dijalankan dalam kerangka representasi rakyat. Pelaksanaan lebih lanjut diatur berdasarkan Peraturan DPR RI No. 01/DPRRI/I/2009-2010 tentang Tata Tertib DPR, pasal 6 huruf s menyatakan bahwa DPR mempunyai tugas dan wewenang: menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dan pasal 12 huruf j menyatakan bahwa Anggota DPR mempunyai kewajiban menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat.

Aspirasi

Aspirasi adalah keinginan kuat dari masyarakat yang disampaikan kepada DPR RI dalam bentuk pernyataan sikap, pendapat, harapan, kritikan, masukan dan saran terkait dengan tugas, fungsi dan kewenangan DPR RI.

Pengaduan

Pengaduan adalah ungkapan rasa tidak senang, ketidakpuasan atau keluhan yang disampaikan kepada DPR RI atas suatu permasalahan yang terkait dengan fungsi pengawasan dalam rangka pelaksanaan undang-undang, pelaksanaan keuangan negara dan kebijakan pemerintah

Bagian Pengaduan Masyarakat

Biro Pengawasan Legislatif, Deputi Anggaran dan Pengawasan

Visi

Menjadikan pengaduan masyarakat sebagai gerbang pencitraan DPR RI.

Misi

1) Meningkatkan kualitas pengelolaan dan penanganan surat pengaduan masyarakat.
2) Membangun kepercayaan masyarakat terhadap Dewan.

Motto

Melayani dengan Empati dan Sepenuh Hati.

Maklumat Pelayanan

"Dengan ini, kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai Standar Pelayanan yang telah ditetapkan dan apabila tidak menepati janiji ini, kami siap menerima sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku"

1) Tidak menerima uang, hadiah, atau dalam bentuk apapun dari Pelapor.
2) Menjaga kerahasiaan indentitas Pelapor.
3) Netral, akuntabel, dan tidak diskriminatif dalam penanganan surat pengaduan masyarakat.
4) Bersikap, berperilaku, berpenampilan, dan bertutur kata secara sopan.

Kontak
Telp                     : (021) 5715694, (021) 5715790
Fax                     : (021) 5715687
Email                   : bag_pengaduan@dpr.go.id
Website              : http://pengaduan.dpr.go.id
SMS Aspirasi     : 0811 9 44 33 44

 

Sumber: pengaduan.dpr.go.id