PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero)

PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) (selanjutnya disebut “Indonesia Re”) didirikan dengan nama ”Perusahaan Perseroan (Persero) PT Asuransi Ekspor Indonesia”, berkedudukan Dan berkantor pusat di Jakarta Selatan, berdasarkan Akta No. 173 tanggal 30 Nopember 1985 yang dibuat dihadapan Achmad Bajumi, S.H. Notaris pengganti dari Imas Fatimah, S.H., Notaris di Jakarta. Fungsi pendirian perusahaan perseroan oleh Pemerntah adalah sebagai perusahaan perseroan penyedia asuransi ekspor Dan pemberi jaminan kredit ekspor. Lembaga yang menjalankan skema asuransi Dan penjaminan ini dikenal dengan nama Export Credit Agencies Dan Investment Insurance Agencies, atau disingkat ECA. Berdasarkan persetujuan Pemegang Saham (Kementerian BUMN) Nomor S-122/MBU/2014 tanggal 10 Maret 2014 PT Asuransi Ekspor Indonesia (Persero) berubah nama menjadi PT Asei Reasuransi Indonesia (Persero) yang di tuangkan dalam akta Nomor 32 Tanggal 21 Maret 2014 yang dibuat dihadapan Notaris H. Marthin Aliunir, SH., yang telah mendapat persetujuan Kementerian Hukum Dan HAM Nomor AHU-02456.40.20.2014 tanggal 7 Mei 2014.

Dalam rangka peningkatan kapasitas reasuransi yang didapat dari penggabungan ekuitas menjadi satu entitas yang lebih besar sehingga mengurangi ketergantungan Perseroan kepada kebutuhan retrosesi/impor kapasitas reasuransi dari luar negeri Pemerintah (Kementerian BUMN Dan Kementerian Keuangan) Dan regulator (OJK) menyusun suatu kebijakan Dan strategi untuk meningkatkan kapasitas reasuransi dalam negeri dengan membentuk Perusahaan Reasuransi Nasional (PRN) melalui penggabungan perusahaan reasuransi di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, Indonesia Re ditunjuk oleh Pemegang Saham (Kementerian BUMN) sebagai wadah bagi pembentukan Perusahaan Reasuransi Nasional (“PRN”), dengan core business adalah bisnis reasuransi yang kemudian akan melakukan penggabungan dengan PT Reasuransi Umum Indonesia (Persero) (“RUI”) sebagai suatu tahapan dari pembentukan PRN yang harus ditempuh

Sebagai salah satu langkah pembentukan PRN, PT Asei Reasuransi Indonesia (Persero) melakukan perubahan nama menjadi PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) berdasarkan akta Nomor 36 Tanggal 22 Desember 2014 yang dibuat dihadapan Notaris Sastriany Josoprawiro, SH., dan telah mendapatkan persetujuan Kementerian Hukum dan HAM Nomor AHU-13377.40.20.2014 dan penggunaan nama Indonesia Re tersebut berlaku efektif pada tanggal 23 Januari 2015 sesuai dengan Surat Keputusan Dewan Komisioner OJK Nomor KEP-78/NB.1/2015.

Visi & Misi

Visi Perusahaan

Menjadi perusahaan reasuransi nasional besar sebagai flag carrier reasuransi Indonesia dengan kiprah regional

Misi Perusahaan

  1. Meningkatkan pasokan kapasitas reasuransi di dalam negeri;
  2. Mengurangi arus reasuransi ke luar negeri;
  3. Melakukan ekspor jasa reasuransi ke kawasan regional;
  4. Meningkatkan pengetahuan Dan kapabilitas inovasi industri asuransi nasional.

 

Sumber: indonesiare.co.id