TBP - Taman Bacaan Pelangi

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Sejarah

Indonesia bagian timur memiliki banyak potensi, tapi masih menjadi daerah yang tertinggal dan kekurangan pembangunan infrastruktur. Indonesia bagian timur juga merupakan daerah yang memiliki tingkat melek huruf paling rendah. Tantangan ini membuat Taman Bacaan Pelangi untuk fokus di bagian timur Indonesia, menyediakan buku anak-anak ke daerah terpencil dengan tujuan untuk memelihara kebiasaan membaca anak sejak dini.

Taman Bacaan Pelangi berdiri sejak tahun November 2009 di Flores. Bekerja sama dengan tokoh masyarakat, Nila Tanzil, pendiri kita, pertama kali mendirikan perpustakaan di Roe, sebuah kampung kecil di kaki gunung Flores dengan menyediakan 200 buah buku. Sekarang, dengan bantuan dari para donor dan relawan, perpustakaan Roe memiliki 2000 buah buku anak-anak.

Pada 2013, Taman Bacaan Pelangi telah terdaftar secara resmi sebagai sebuah yayasan dengan nama “Yayasan Pelangi Impian Bangsa”. Ini adalah langkah penting untuk semakin merealisasikan mimpi kami untuk memberikan akses buku kepada anak-anak di daerah pelosok di Indonesia Timur.

Dengan dukungan dari relawan dan donatur dari berbagai belahan dunia, NGO dan perusahaan yang kredibel, Taman Bacaan Pelangi telah bertumbuh dari pemberian menuju jalan kehidupan. Hingga kini, kami telah mendirikan 29 perpustakaan anak-anak yang tersebar di 14 pulau di Indonesia Timur. Tujuan kita sederhana saja, yaitu memberikan kesempatan kepada anak-anak di daerah terpencil untuk mendapatkan akses terhadap  buku cerita dan perpustakaan yang akan membuka cakrawala hidup mereka.

Taman Bacaan Pelangi mendapatkan penghargaan “Anugerah Nugra Jasadarma Pustaloka 2013? dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Hingga saat ini, Taman Bacaan Pelangi telah mendirikan 29 perpustakaan anak-anak yang tersebar di 29 desa di 14 pulau di Indonesia Timur, antara lain di Flores (Pulau Rinca, Pulau Messah, Pulau Komodo, dan pulau-pulau kecil sekitarnya), Sulawesi, Lombok, Sumbawa, Timor, Alor, Banda Neira (Kepulauan Banda, Maluku), Bacan (Halmahera Selatan), dan Papua.

Setiap perpustakaan kami memiliki setidaknya 1.000 judul buku cerita anak, beberapa perpustakaan memiliki koleksi buku lebih dari jumlah tersebut dan dalam kurun waktu lima tahun terakhir, Taman Bacaan Pelangi telah menyediakan akses buku bacaan kepada lebih dari 6.000 anak-anak di Indonesia bagian Timur.

Visi dan Misi

Taman Bacaan Pelangi adalah organisasi nirlaba yang mendirikan perpustakaan anak-anak di daerah terpencil di Indonesia Timur. Kami bertujuan untuk menumbuhkan minat baca serta menyediakan akses buku-buku yang berkualitas bagi anak-anak yang tinggal di daerah pelosok di Indonesia bagian Timur.

Kami percaya hal ini sangat penting untuk pendidikan anak, dan memperluas cakrawala dan kesempatan mereka di masa depan. Melalui belajar, kami memberi semangat kepada anak-anak untuk menyadari mimpi mereka, meningkatkan kemampuan dan keahlian yang akan berguna untuk masyarakat di sekitar mereka, memutus rantai kemiskinan dan meletakkan dasar perdamaian.

 

Sumber : tamanbacaanpelangi.com


Layanan - TBP - Taman Bacaan Pelangi

Layanan Publik - Instansi