BUP - Buku Untuk Papua

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Tentang

BUP adalah Komunitas peduli pendidikan Papua yang berjejaring dengan aktivitas berbagi pengetahuan dalam Kelas Cerdas, yang menyuarakan kegiatannya melalui Media Sosial BUP. Sehingga dari mana saja orang berasal, dari latar belakang apa saja bisa bergabung dan berkontribusi di BUP untuk peduli pendidikan. Sehingga diharapkan akan banyak inisiatif pendidikan lainnya muncul, mendapatkan support dan manfaat dari adanya jejaring komunitas BUP ini, baik support buku, jejaring volunteer, maupun berbagi pengetahuan dalam Kelas Cerdas dan manfaat lainnya.

@bukuntukpapua (BUP) berawal dari ide membantu sahabat baik Longginus Pekei, seorang guru dan penggiat PAUD di Nabire, yang ingin membuat sebuah rumah baca tetapi tidak memiliki buku yang memadai dengan beragam tema. Pada awalnya gerakan ini hanya berfokus pada membantu satu rumah baca, dan ketika berhasil membantu dengan buku, hal ini bisa diduplikasi di tempat lain.

Apalagi melihat pengalaman bahwa ternyata ada banyak orang yang mau peduli, tetapi membutuhkan media yang bisa memfasilitasi kepedulian – kepedulian tersebut. Sehingga kegiatan BUP diteruskan dengan menggunakan sosial media sebagai motor gerakannya. Mengapa sosial media ? sebabnya adalah melihat banyak gerakan atau komunitas anak muda yang menggunakan sosial media untuk memfasilitasi kepedulian warga, menjejaringkan dan menghubungkannya untuk membuat sebuah kegiatan positif

BUP dicita-citakan dapat membantu mereka yang ingin membuat rumah baca/belajar di Papua dan tidak memiliki buku dapat dibantu dengan donasi buku yang juga BUP dapatkan dari donasi orang lain. Selain itu, melalui media sosial BUP, kami dapat mengabarkan, memfasilitasi berita tentang rumah baca tersebut, sehingga diharapkan dari tulisan pegiat rumah baca tersebut di media BUP, maka media BUP dapat membantu mengabarkan kondisi rumah baca, apa yang dibutuhkan sehingga dapat menggerakkan orang lainnya untuk membantu sehingga semakin banyak orang mengetahui, semakin banyak yang ingin membantu.

Melalui kegiatan Kelas Cerdas, kami menggerakkan kegiatan belajar gratis yang menghadirkan mereka yang ingin berbagi pengetahuannya, dengan semangat belajar bisa dimana saja dan kapan saja dari siapa saja. Dengan begitu, maka peserta yang datang ke Kelas Cerdas membawa minimal satu buku untuk di donasikan. Buku yang terkumpul tersebut kemudian di kirimkan kepada rumah baca yang membutuhkan, baik di Papua maupun dirumah baca yang membutuhkan dimana komunitas BUP berada.

Sehingga secara singkat BUP adalah Komunitas peduli pendidikan Papua yang berjejaring dengan aktivitas berbagi pengetahuan dalam Kelas Cerdas, yang menyuarakan kegiatannya melalui Media Sosial BUP.
Sehingga dari mana saja orang berasal, dari latar belakang apa saja bisa bergabung dan berkontribusi di BUP untuk peduli pendidikan. Sehingga diharapkan akan banyak inisiatif pendidikan lainnya muncul, mendapatkan support dan manfaat dari adanya jejaring komunitas BUP ini, baik support buku, jejaring volunteer, maupun berbagi pengetahuan dalam Kelas Cerdas dan manfaat lainnya.

BUP percaya bahwa pendidikan adalah urusan semua orang, oleh karenanya semua dapat terlibat untuk saling membantu.

Dayu Rifanto
Founder
Twitter : @bukuntukpapua |web : www.bukuntukpapua.org |Instagram :bukuntukpapua
HP 0812. 2296.7475

 

Sumber: bukuntukpapua.org


Layanan - BUP - Buku Untuk Papua

Layanan Publik - Instansi