YIPC - Young Interfaith Peacemaker Community

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

TENTANG KAMI

SEJARAH YIPC INDONESIA

YIPC terbentuk berawal dari 2 orang mahasiswa ICRS (Andreas Jonathan dan Ayi Yunus Rusyana) mengadakan Young Peacemaker Training di Gedung Pasca Sarjana UGM Yogyakarta pada 9-12 July 2012. ICRS (Indonesian Consortium for Religious Studies) adalah sebuah program Ph. D Internasional (S-3) dalam bidang inter-religious studies atas kerjasama Universitas Gajah Mada, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga dan Universitas Kristen Duta Wacana (lihat www.icrs.ugm.ac.id) Training ini diikuti oleh 25 orang mahasiswa S1 Muslim dan Kristiani dari berbagai kampus di Yogyakarta dan menjadi cikal bakal Young Peacemaker Community (YPC) Jogja. Dalam training ini, peserta mempelajari 12 Nilai Perdamaian dari Peace Generation. Sebagai tindak lanjut dari Training itu, mulai bulan September 2013 diadakan pertemuan regular dari para anggota YPCJ dengan mengadakan interfaith dialogue, Kajian Kitab Suci serta mempersiapkan Student Interfaith Peace Camp pada November 2012. Peace Camp yang pertama ini diadakan di Pakem. Diikuti sekitar 30 orang mahasiswa dari Jogja maupun luar Jogja (Palembang, Bandung, Kebumen, Solo, Surabaya, dan Madura) dengan mengambil tema “Building Peace Generation Through Young Peacemakers”. Tema ini kemudian menjadi motto atau pernyataan misi YPCI.

KEDUDUKAN YIPC

YIPC berkedudukan di Yogyakarta, di bawah naungan ICRS (Indonesia Consortium for Religious Studies) Yogyakarta. YIPC dapat membuka cabang di setiap kota di mana ada Perguruan Tinggi. Sampai pertengahan 2014, YIPC yang telah memiliki kegiatan rutin adalah Medan, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya. Kota-kota lain di mana terdapat anggota YIPC dan diharapkan akan terbentuk YIPC adalah: Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Makasar, Ambon, dan Bangkalan.

VISI MISI YIPC

VISI

“Generasi damai yang berdasar atas kasih kepada Allah dan sesama”

MISI

Mission statement: “Building Peace Generation through Young Peacemakers”

yang diwujudkan melalui:

  1. Melakukan interfaith dialogue dengan terbuka, jujur dan mendalam secara rutin.
  2. Menggerakkan generasi muda dan masyarakat untuk hidup dalam damai dan saling mengasihi.
  3. Terlibat dalam proses transformasi bangsa dan dunia dalam mewujudkan perdamaian global.

NILAI-NILAI DASAR YIPC

  1. Berdamai dengan Allah,
  • mengakui Allah yang Maha Esa sebagai Pencipta dan satu-satunya yang disembah
  • mengasihi Allah dengan segenap hati, segenap akal budi, segenap kekuatan
  1. Berdamai dengan diri sendiri

Menerima diri sebagai ciptaan Tuhan yang unik dengan penuh syukur

  1. Berdamai dengan sesama
  • mengasihi sesama seperti diri sendiri
  • menerima dan menghormati keberbedaan dan keberagaman (suku, agama, jenis kelamin, kondisi ekonomi, dll)
  • menolak segala bentuk kekerasan menyelesaikan konflik secara langsung (meminta maaf dan memaafkan)
  1. Berdampak pada lingkungan

KEUNIKAN YIPC

YIPC memiliki keunikan:

1. Komunitas

YIPC adalah sebuah organisasi yang berbentuk komunitas yang anggotanya bergabung berdasar komitmen atas visi, misi dan nilai-nilai. Dalam komunitas, keaktifan setiap anggota untuk terlibat dan memajukan YIPC sangat ditekankan. Keanggotaan YIPC tidak bersifat eksklusif (tidak boleh menjadi anggota di komunitas atau organisasi lain). Sebaliknya bila ada anggota yang aktif di organisasi lain, diharapkan nilai-nilai perdamaian juga dapat  ditularkan ke organisasi tersebut. Dengan mengambil bentuk komunitas, YIPC diharapkan menjadi sebuah kelompok yang dibangun dari bawah, dengan adanya komitmen dari para anggotanya untuk aktif terlibat. Salah satu ciri komunitas adalah kebersamaan, dan ini hanya bisa dicapai melalui pertemuan yang cukup intens. Pertemuan YIPC pada umumnya diadakan seminggu sekali dengan berbagai tataran dialog.

2. Interfaith

YIPC adalah sebuah organisasi yang berbasis pada keimanan kepada Allah Yang Maha Esa. Jadi YIPC bukanlah organisasi sekuler atau yang hanya bersifat humanis semata. Semua gerak dan kegiatan YIPC di dasarkan pada Firman Tuhan. Untuk saat ini anggota YIPC berasal dari 2 komunitas iman: Islam dan Kristiani. Salah satu ciri khas wujud intefaith YIPC adalah dalam Scriptural Reasoning dan Dialogue yang bertujuan saling memahami ajaran agama masing-masing. Saat ini YIPC secara regular mempelajari Al-kitab (Taurat, Kitab para nabi, dan Injil) dan Al-Quran.

3. Young

YIPC adalah gerakan generasi muda, artinya motor yang menggerakkan roda YIPC adalah para mahasiswa sampai usia 30 tahun. Walau YIPC didirikan oleh mereka yang berusia di atas 30, namun gerak komunitas ada pada generasi muda. Para sesepuh mengambil bagian dalam YIPC sebagai mentor, fasilitator, penasihat dan penjaga visi.

4. Peacemaker

YIPC adalah organisasi yang menjunjung nilai perdamaian, mewujudkan perdamaian dalam semua geraknya serta menyebarkan perdamaian kepada masyarakat luas tanpa membeda-bedakan. YIPC tidak berdamai dengan kejahatan dan segala bentuk manifestasinya. Namun demikian, cara-cara yang dipakai oleh YIPC dalam memerangi kejahatan adalah dengan cara damai bukan dengan kekerasan. YIPC merekrut, melatih dan menghasilkan para peacemaker muda yang akan menjadi agen perubahan dalam masyarakat.

KEMITRAAN DAN PENDANAAN

KEMITRAAN

YIPC terbuka untuk bekerjasama dan bermitra dengan komunitas dan organisasi apapun (baik yang berbasis agama atau tidak) selama tidak bertentangan dengan visi, misi dan nilai-nilai YIPC. Yang telah menjadi mitra YIPC sampai saat ini adalah Peace Generation, Searah, dan Campus Peace Movement (CPM).

Dalam level internasional, YIPC memiliki hubungan dengan International Peace Youth Group (Korea). YIPC pada masa mendatang diharapkan tidak hanya berada di Indonesia saja namun juga akan ada di level internasional.

YIPC juga terbuka dan mendorong para anggota YIPC mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi lainnya baik di dalam maupun di luar negeri untuk memperkaya pengalaman serta memperluas network.

PENDANAAN

YIPC memiliki sumber dana utama dari iuran anggota. Segala kegiatan YIPC di tiap kota bersifat self-support dalam pendanaan. YIPC Indonesia memberikan subsidi sebagian untuk penyelenggaraan Peace Camp daerah dan beberapa kegiatan daerah sesuai dengan situasi dan kondisi.

 

Sumber: yipci.org


Layanan - YIPC - Young Interfaith Peacemaker Community

Layanan Publik - Instansi