Komunitas Cemara

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Tentang Komunitas Cemara

CEMARA adalah sebuah komunitas yang dirancang dan didekasikan untuk anak-anak yang tinggal di bantaran Kali Code, tepatnya di kawasan RT 18 Belakang Masjid Syuhada Kotabaru dan RT 41, 42 dan 43 di Kampung Jogoyudan. Kawasan bantaran Kali Code dikenal sebagai wilayah masyarakat miskin di Kota Yogyakarta.

Komunitas yang didirikan sejak 25 Februari 2010 ini mengadakan berbagai macam kegiatan bersemangat pendidikan perdamaian untuk membantu anak-anak Kali Code usia SD dan SMP mengenali potensinya dan menggali nilai-nilai positif di tengah kerasnya kehidupan yang harus mereka jalani.

Saat ini ada dua jenis kegiatan yang kami laksanakan untuk anak-anak dipinggir Kali Code. Kegiatan pertama adalah pendampingan belajar anak yang kami lakukan setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat. Pada awalnya kegiatan belajar terpusat di Balai RT 18 Gondomanan Kotabaru. Namun sejak bencana banjir lahar dingin terjadi, pendampingan dilakukan di dua tempat terpisah. Untuk anak-anak sebelah barat, kegiatan belajar dilakukan di Masjid Darussalam pukul 16.00 hingga 17.00. Sedangkan untuk anak-anak dampingan sebelah timur Kali Code, kegiatan belajar dilakukan mulai Pukul 19.00 sampai dengan pukul 20.00 bertempat di Balai Warga RT 18. Sedangkan kegiatan kedua adalah berupa workshop tiap hari Minggu yang tema-nya berganti-ganti, sesuai dengan keahlian yang dimiliki dari narasumber-narasumber yang kami datangkan.

Selain dua kegiatan utama di atas, dalam beberapa kesempatan CEMARA juga turut memberikan kontribusi dalam permasalahan insidental masyarakat Code di daerah dampingan. Misalnya saat musibah banjir lahar dingin dari erupsi Gunung Merapi terjadi pada beberapa bulan lalu, CEMARA mengikuti kerja bakti membangun tanggul dan turut menggalang bantuan logistik terutama dalam hal kebutuhan anak-anak. CEMARA juga ikut menggalang dana untuk salah seorang anak yang putus sekolah karena keterbatasan biaya.

CEMARA sebagai komunitas memiliki ciri khas tersendiri. Pertama, semua orang dapat berkontribusi dengan apapun yang dia punya, baik secara material maupun dalam tataran ide atau keahlian, sehingga tidak ada lagi orang yang ragu untuk membantu karena merasa tidak mempunyai sumber daya untuk dibagi. Kedua, CEMARA selalu mencoba untuk membangun hubungan yang personal serta berkelanjutan antara orang yang membantu dan yang dibantu.

Visi & Misi Kami

Sebagai suatu komunitas, CEMARA memiliki visi dan misi yang menjadi patokan dalam setiap kegiatannya. Dari visi dan misi tersebut, dirancanglah program-program kerja yang sesuai dengan semangat dan idealism CEMARA.

Visi CEMARA

(a) Anak-anak Code mampu memahami nilai-nilai perdamaian dan mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari.
(b) Anak-anak mampu berkontribusi pada masyarakat lingkungan Code sesuai dengan potensi, minat dan bakatnya.

Misi CEMARA

(1) Melakukan pendampingan akademik dan non-akademik yang berbasis nilai bagi anak-anak.
(2) Menyediakan media belajar bagi anak-anak.
(3) Melibatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengembangan potensi anak-anak.

 

Sumber: kami-adalah-cemara.blogspot.co.id