Dinas Tenaga Kerja, Sosial, dan Transmigrasi Kota Bogor Jawa Barat

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok :

Melaksanakan sebagian urusan pemerintah daerah di bidang tenaga kerja, sosial dan transmigrasi dengan mengacu kepada Peraturan Walikota Nomor 37 Tahun 2010 Tentang Tugas Pokok, Fungsi, Tata Kerja dan Uraian Tugas Jabatan Struktural di Lingkungan Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kota Bogor.
Fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang tenaga kerja, sosial dan transmigrasi;
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang tenaga kerja, sosial dan transmigrasi;
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas di bidang tenaga kerja, sosial dan transmigrasi;
  4. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Visi & Misi

VISI :

“Menuju Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Bermartabat dan Berbudaya Tahun 2014 - 2019”

MISI :

Misi Kesatu        :    Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja dan Informasi Pasar Kerja;
Misi Kedua         :    Meningkatkan Perlindungan Tenaga Kerja dan Pengusaha;
Misi Ketiga         :    Meningkatkan Konsistensi Pelayanan dan Kesejahteraan Sosial;
Misi Keempat     :    Menekan Angka Pengangguran melalui Program Transmigrasi.

Sejalan dengan dilaksanakannya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2010 tentang Organisasi Perangkat Daerah, maka Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kota Bogor dalam penyelenggaraan pemerintahan secara umum mengalami perubahan paradigma baru terutama di Bidang Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi, sehingga terjadi perubahan struktur organisasi dan tata kerja kelembagaan di Kota Bogor sesuai dengan Peraturan Walikota Bogor Nomor 37 Tahun 2010 Tentang Tugas Pokok, Fungsi, tata Kerja dan Uraian Tugas Jabatan Struktural di Lingkungan Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kota Bogor. Kedudukannya berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Walikota Bogor.

Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kota Bogor dipimpin oleh seorang Kepala Dinas dan membawahi 1 orang Sekretaris, 4 Orang Kepala Bidang dan 2 Orang Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah.  Sekretaris membawahi 3 Orang Kepala Sub Bagian yaitu Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepala Sub Bagian Perencanaandan Pelaporan; Kepala Bidang terdiridari Kepala Bidang Penempatan, Perluasan Kerja dan Transmigrasi yang membawahi 3 Orang Kepala Seksi yaitu Kepala Seksi Penempatan dan Perluasan Kerja, Kepala Seksi Pelatihan, Pemagangan dan Bina Lembaga Latihan Swasta serta Kepala Seksi Transmigrasi. Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan Ketenagakerjaan membawahi Kepala Seksi Hubungan Industrial dan Persyaratan Kerja, Kepala Seksi Norma Kerja dan Kepala Seksi Norma Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Untuk Kepala Bidang Pelayanan Sosial membawahi 3 Orang Kepala Seksi yaitu Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial, Kepala Seksi Bantuan dan Perlindungan Sosial dan Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial. Kepala Bidang Pengembangan Sosial membawahi 3 Orang Kepala Seksi Yaitu Kepala Seksi Kemitraan Sosial, Kepala Seksi Bina Sosial dan Kepala Seksi data dan Informasi Sosial. Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kota Bogor juga memiliki 2 Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah yaitu Ka. UPTD Balai Latihan Kerja dan Ka. UPTD Pembinaan Mental dan Kesejahteraan Sosial. Secara keseluruhan Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi Kota Bogor memiliki kekuatan pegawai sebanyak 76 Orang.

 

Sumber : disnakersostrans.kotabogor.go.id