Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota bandung

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

VISI

"Terwujudnya Insfrastruktur Kebinamargaan, Pengairan, Dan Penerangan Jalan Umum Yang Unggul, Nyaman Dan Andal Untuk Kota Bandung yang Bermartabat"

Penjelasan Misi SKPD Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung adalah :

  1. INSFRASTRUKTUR KEBINAMARGAAN Bidang pembangunan yang menangani jalan dan jembatan
  2. PENGAIRAN Bidang pembangunan yang menangani sungai dan sistem drainase
  3. PENERANGAN JALAN UMUM Bidang pembangunan yang menangani penerangan jalan umum
  4. UNGGUL Membangun insfrastruktur yang terbaik dan berkualitas sesuai dengan standar teknis yang di persyaratkan dan menjadi rujukan inovatif bagi kota lain.
  5. NYAMAN Merupakan suatu kondisi dimana kualitas insfrastruktur terjaga baik dengan tingkat pelayanan yang optimal dalam menunjang aktivitas dan mobilisasi warga kota.
  6. ANDAL Menjamin ketersediaan dan pelayanan insfrastruktur dalam rangka pemenuhan kebutuhan kota dan warganya.
  7. KOTA BANDUNG BERMARTABATA adalah cita-cita jangka panjang tahun 2025 untuk mewujudkan Kota Bandung yang di cirikan dengan masyarakatnya yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kota yang termakmur di indomesia, kota yang paling menonjol sisi keadilannya, kota terbersih di tingkat nasional, kota percontohan atas ketertiban semua aspek kehidupan perkotaan di indonesia, kota percontohan atas ketaatan serta kota yang teraman

Misi

Untuk Mewujudkan Misi SKPD DInas Bina Marga dan Pengairan, di rumuskan 5(lima) Misi yaitu:

  1. Meningkatkan aksestabilitas antar wilayah kota dan mobilisasi warga kota, dimaksudkan untuk menghubungkan antar pusat kota dan sub sub pusat kota serta kemudahan pergerakan orang dan barang menjamin faktor keselamatan dan kecepatan.
  2. Membangun jalan, trotoar dan drainase jalan kota dengan struktur yang berkualitas dan menjamin keselamatan pengguna, dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas perkerasan jalan penyediaan trotoar dan drainase sehingga memberikan kenyamanan bagi kendaraan dan pejalan kaki.
  3. Menata sungai sebagai sistem drainase alami pengendali banjir dan bagian muka pembangunan kota (river-front city), dimaksudkan untuk mengakomodasi kebutuhan pengaliran air untuk mengalirkan air banjir, penggelontoran, dan fungsi lingkungan serta mewujudkan sistem drainase kota terpadu dengan konsep permanen air hujan yang meminimalkan potensi banjir.
  4. Pengembangan sistem penerangan jalan umum kota yang hemat energi, ramah lingkungan dan berestetika, dimaksudkan untuk melakukan pemerataan penerangan jalan dengan memanfaatkan teknologi yang hemat energi sehingga mampu mengurangi beban biaya bagi kota.
  5. Meningkatkan akuntabilitas dan kinerja pelayanan SKPD Dinas Bina Marga dan Pengairan, dimaksudkan untuk mengubah etos kerja dan kinerja dari birokrasi sebagai upaya mewujudkan reformasi birokrasi.

Tugas & Fungsi

Tugas pokok, fungsi dan kewenangan Bina Marga dan Pengairan telah di atur dalan Peraturan Daerah Kota Bandung NO. 13 Tahun 2007 Tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Dinas Daerah Kota Bandung. Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan kewenangan daerah dibidang pekerjaan umum lingkup kebinamargaan dan sumber daya air.
Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana tersebut, Dinas Bina Marga dan Pengairan mempunyai fungsi :

  1. Merumuskan kebijaksaan teknik kebinamargaan dan sumber daya air.
  2. Melaksanakan operasional teknik kebinamargaan dan sumber daya air yang meliputi perencanaan, pengendalian operasional, pembangunan dan pemeliharaan kebinamargaan dan sumber daya air.
  3. Pembinaan dan pelaksanaan tugas operasional kebinamargaan dan sumber daya air.
  4. Melaksanakan tugas lain yang di berikan oleh walikota sesuai dengan bidang tugasnya.

 

Sumber: binamarga.bandung.go.id