DPPK - Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung

Di Kutip Oleh : Redaksi PUBinfo

ABOUT DPPK

Pemadam kebakaran, Branwir, PMK, atau damkar adalah petugas atau dinas yang dilatih dan bertugas untuk menanggulangi kebakaran. Petugas pemadam kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran, juga dilatih untuk menyelamatkan korban kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, dll.

Dinas pemadam kebakaran dan/atau BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) adalah unsur pelaksana pemerintah yang diberi tanggung jawab dalam melaksanakan tugas-tugas penanganan masalah kebakaran dan bencana yang termasuk dalam dinas gawat darurat atau Rescue/(Penyelamatan) seperti Ambulans dan Badan SAR Nasional. Para Pemadam Kebakaran dilengkapi dengan pakaian anti-panas atau anti-api dan juga helm serta boot/sepatu khusus dalam melaksanakan tugas, dan biasanya pakaianya dilengkapi dengan scotlight reflektor berwarna putih mengkilat agar dapat terlihat pada saat pelaksanaan tugas.

Sejarah Pemadam Kebakaran

Pada Zaman Kota Bandung berstatus Gemente, penanggulangan kebakaran di integrasikan dengan pembangunan jalan-jalan utama, dibuat hidran yang sumber airnya dihubungkan dengan pipa air minum. Untuk memeperkuat daya semprot air dibantu dengan pompa beroda disebut " Aangang ". Saat Kota Bandung berubah status menjadi Kota Praja, Walikota Bandung pada waktu itu dijabat oleh Bapak R.Enoch dan dilanjutkan oleh R.Priatna Kusumah menyediakan Mobil Pemadam Kebakaran yang lebih dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Branweer, pertama kalinya bermarkas di Jl. Raya Timur atau lebih dikenal dengan Jl. Ahmad Yani No.296 dimana para petugas dan karyawan pemadam kebakaran juga berdomisili di komplek tersebut.

Tanggal 2 Oktober 1962, Pemerintah Kota Praja Bandung membentuk Urusan Pemadam Kebakaran ( UPK ) yang dipimpin olah Bapak Adut bin Enur yang menginduk ke Dinas Teknik Penyehatan ( DPT ) yang saat ini dikenal dengan PDAM dipimpin oleh Bapak Ir.Achmad. Tahun 1972 Urusan Pemadam Kebakaran berubah status menjadi Barisan Pemadam Kebakaran ( BPK ) yang menginduk ke Dinas Pekerjaan Umum sampai dengan tahun 1979 dipimpin oleh Bapak A.Surachman, pada tahun yang sama BPK mengalami perubahan lagi menjadi di bawah Sub Direktorat Ketertiban Umum ( TIBUM) Tahun 1980 sesuai dengan perda No.19 Tahun 1980 Tentang Stuktur Organisasi dan Tata Kerja Dinas Kebakaran, pengelolaan Kebakaran statusnya berubah lagi menjadi unit tersendiri yaitu Dinas Kebakaran. Pada era reformasi penyelaggaraan Pemerintahan Daerah dalam Undang-undang No. 22 Tahun 1999, maka pengelolaan penanggulangan kebakaran mengalami lagi perubahan menjadi Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung ( DPPK Kota Bandung ) sebagaimana diatur dalam Perda No.5 Tahun 2001 tanggal 7 Maret 2001.

Dari uraian singkat tersebut di atas, bahwa hadirnya sebuah Kota seperti Kota Bandung pada mulanya belum memperlihatkan suatu keterpaduan / keselarasan yang harmoinis antar berbagai sektor, khususnya pada sektor pengembangan pembangunan perkotaan dimana terlihat bidang penanganan penanggulangan bahaya kebakaran kurang dipacu perkembangannya sehingga pelayanan penanggulangan bahaya kebakaran masih belum memuaskan harapan semua pihak.

 

Sumber: dppk.bandung.go.id


Layanan - DPPK - Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung

Layanan Publik - Instansi